Tekan Korban DB, Kecamatan Pajangan Tingkatkan PSN

Posted by tribratanewsbantul on 14:50

Untuk menekan jumlah korban penyakit demam berdarah, Muspika Pajangan terus melakukan gerakan Pemberatasan Sarang Nyamuk di kelurahan hingga dusun. Kegiatan PSN ini dilaksanakan berselingan dengan olah raga bersama Muspika yang dilaksanakan setiap hari Jumat.

Sebagaimana hari ini seperti yang terlihat dalam foto, Jumat 1 April 2016 jam 08.00 Wib, tampak petugas dari Polsek Pajangan, Koramil, Kecamatan, PLKB, Puskesmas, KUA, Desa, PKK, RAPI  dan Pedukuhan tempat sasaran PSN melakukan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk di dusun Bungsing, Mangir Kidul dan Butuh Lor.

Kepala Puskesmas Pajangan Dr. Lucia Sri Rejeki, MPH mengatakan sudah ada 340 kasus DBD (Demam Berdarah Denque) dan semuanya tertolong. Pajangan mengalami peningkatan penyakit karena nyamuk ini, oleh karena itu warga juga harus diingatkan untuk memberantas sarang-sarang nyamuk, khususnya di tempat-tempat genangan air hujan termasuk bak air di kamar mandi sebagai cara yang lebih diprioritaskan, dalam menangani penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)," kata Kepala Puskesmas saat apel pemberangkatan petugas PSN.

Dalam kegiatan PSN ini petugas dibagi menjadi 3 kelompok sesuai tempat sasaran yaitu di dusun Bungsing, Mangir Kidul dan Butuh Lor. Petugas mendatangi rumah rumah warga memeriksa Kamar mandi, Bak air, WC maupun tempat tempat yang biasa digunakan sarang nyamuk.

Adapun hasil PSN di dusun Bungsing Guwosari sample 32 rumah yang positif 7  dan ABJ (Angka Bebas Jentik) 78%. Sedangkan didusun Mangir Kidul Sendangsari dari sampel 72 rumah yang positif  31 dan ABJ 56,94 % dan Dusun Butuh Lor sampel 30 rumah yang positif  8 dan ABJ 77%. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:50

0 komentar:

CB