Karang Taruna Dipo Ratna Muda Protes Pembuangan Limbah Cair Ke Sungai Bedog

Posted by tribratanewsbantul on 09:52

Karang Taruna Dipo Ratna Muda bersama warga bantaran Kali Bedog bertepatan dengan hari lingkungan hidup sedunia melakukan aksi Resik - Resik Kali Bedog sebagai aksi protes terhadap pembuangan limbah cair ke aliran sungai Bedog bertempat di jembatan Sindon Guwosari Pajangan Bantul, Minggu, 5 Juni 2016 jam 09.00 Wib.

Lurah Guwosari H. Muh. Suharto yang hadir dalam acara ini mengharapkan pihak pabrik untuk melakukan netralisir sebelum membuang limbahnya ke sungai karena dapat merusak ekosistem di aliran sungai Bedog. Aksi protes ini bukan merupakan ketidak sukaan terhadap pihak pabrik melainkan untuk menjaga alam lingkungan hidup kita. Pihak pabrik telah memberikan manfaat terhadap masyarakat Yogyakarta namun masalah limbah harus sangat diperhatikan dan dicarikan jalan keluarnya.

Aksi protes ini dilakukan dalam bentuk Upacara, pembacaan puisi, orasi, tebar benih ikan, pembagian bibit pohon dan mengecat jembatan Sindon. Aksi dilakukan bersama KT, Bolo Mancing Pajangan Ngayogyakarta Hadiningrat (BMP-NH), LSM Payung Hijau, Limnas, SDS dan Masyarakat.

Sementara Ketua Karang Taruna, Dipo Ratna Muda Guwosari Pajangan Bantul Masduki Rahmat mengatakan, pembuatan petisi penolakan limbah cair masuk sungai merupakan  akumulasi dan kejengkelan masyarakat. "Selama ini warga tidak berani menyuarakan keluhannya, padahal bertahun-tahun hidupnya sangat dirugikan adanya limbah itu," ujarnya. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:52

0 komentar:

CB