Kunjungan Tim Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Kab. Bantul Di Puskesmas Pajangan

Posted by tribratanewsbantul on 00:35

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. menghadiri acara kunjungan Tim Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Kab. Bantul dari Kemendagri RI dan Sekretariat Presiden RI bertempat di Puskesmas Pajangan, Selasa 24 Januari 2017 jam 12.00 Wib.

Acara dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab. Bantul Drs. Riyantono, M.Si., Asisten Sumber Daya dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kab. Bantul Drs. Didik Warsito, M.Si., Kepala Dinas Kesehatan Kab. Bantul drg. Maya Sintowati Pandji, M.M., Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si., Kepala Puskesmas Pajangan dr. Lucia Sri Rejeki, M.P.H. dan Danramil 18/Pajangan Kapten Inf. Suyadi. Rombongan dipimpin oleh Bpk. Gensly, S.E., M.Si. dan beranggotakan dari Kemendagri dan Sekreteriat Presiden.

Kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat secara langsung penyelenggaraan Pemerintah Kab. Bantul untuk memperoleh penghargaan Parasamya Purna Karya Nugraha.

Kedatangan Tim setelah disambut Muspika Pajangan langsung melihat berbagai pelayanan yang ada dipuskesmas Pajangan.

Kepala Puskesmas Pajangan dr. Lucia Sri Rejeki, M.P.H. dalam paparannya menyampaikan bahwa
Visi dari Puskesmas Pajangan untuk menjadi Puskesmas terpercaya untuk masyarakat Pajangan dan sekitarnya. Dengan misi meningkatkan dan menjaga mutu layanan di dalam dan luar gedung, meningkatkan kopetensi seluruh karyawan Puskesmas sesuai bidang tugasnya, mendorong kemandirian masyarakat Pajangan untuk hidup sehat dan menggerakkan pembangunan berwawasan kesehatan di Kec. Pajangan.

Puskesmas Pajangan buka dari jam 06.30 Wib. Berbagai layanan kesehatan untuk masyarakat Pajangan dan sekitarnya diantaranya  rawat jalan, pelayanan umum, pelayanan gigi, pelayanan KIA KB Imunisasi, pelayanan farmasi, pelayanan labolatorium, Fisioterapi, pemeriksaan EKG, USG, Pelayanan konsultasi, gizi, sanitasi dan PHBS. Upaya meningkatkan kesehatan masyarakat juga dilakukan diantaranya Promosi kesehatan, kesling, Kia KB, gizi dan pendidikan kesehatan.

Dijelaskan juga bahwa Puskesmas Pajangan mempunyai layanan unggulan yang ada  diantaranya Kelas ibu hamil, kelas pengantin, kelas diabetes, kelas hipertensi, family gathering penderita jiwa, pendampingan korban KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) dan Pos remaja (konselar remaja SETARA).

Pihak Puskesmas Pajangan juga menjalin kerjasama dengan instansi dan lembaga masyarakat di Kec. Pajangan. Kerjasama dengan Pemerintah Kecamatan, Desa, KUA, Polsek Pajangan, Koramil 18/Pajangan, Rutan Bantul dan Karang Taruna di Pajangan. Kerjasama yang baik dengan Polsek Pajangan dalam hal Visum Et Refertum, dengan Rutan Bantul untuk membantu pengecekan kesehatan para warga binaannya.

Puskesmas Pajangan mengutamakan jaminan mutu pelayanan ke masyarakat. Puskesmas Pajangan terakreditasi Paripurna pada Agustus 2016 dengan 5 indikator mutu, upaya kesehatan masyarakat 18 indikator, pengendalian kinerja sesuai SOP, Pelayanan secara komputerisasi dan selalui memelihara sistem pelayanan.

Kepuasan pelanggan adalah tujuan utama kami. Pelayanan kesehatan kami gratis. Masyarakat dapat mengajukan komplain, puas dan tidak puas sehingga kami dapat membenahi pelayanan kami ke masyarakat. Kunjungan masyarakat ke Puskesmas Pajangan dalam setahun ± 50 ribu orang, imbuhnya.

Kemudian dilanjutkan tanggapam dari Tim evaluasi yang disampaikan oleh Bpk. Gensly, S.E., M.Si. Ia menyampaikan kunjungannya ini untuk melihat secara langsung dilapangan, mencocokan laporan yang dibuat Pemkab. Bantul dalam laporan LPPD yang  telah kami evaluasi dengan 780 indikator yang meliputi pelayanan dasar, daya saing dan inovasi. 10 besar hasil evaluasi nantinya Pemerintah akan menganugrahkan Satya Lencana ke Kepala Daerahnya. Apabila dalam 3 tahun berturut-turut mendapatkan Satya Lencana akan kita usulkan untuk mendapatkan penghargaan Parasamya Purna Karya Nugraha yang ditujukan untuk Pemerintah Daerahnya.

Tahun ini tahun ke 3 untuk Bantul dan akan kita usulkan kepada Presiden untuk mendapat penghargaan tersebut. Kami tidak meragukan lagi pelayanan dasar berupa pendidikan dan Puskesmas di Bantul untuk kami sampaikan di Tim nasional. Kami berharap Puskesmas Pajangan yang sudah terakreditasi Paripurna bisa diikuti oleh Puskesmas lainnya.

Semua ini merupakan wujud dari otonomi daerah,  bagaimana berbagai upaya pelayanan pendidikan, kesehatan dan lainnya yang sangat mendasat dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Dinas kesehatan harus mendokimentasikan, program-program, SOP dan penghargaan dengan lebih baik untuk disampaikan kr masyarakat.

Penghargaan Parasamya akan diberikan pada hari otonomi daerah oleh Presiden pada tanggal 24 April. Aparatur pemerintajan sudah bekerja dengan baik untuk itu perlu media agar masyarakat mengetahui kinerja Pemerintah Daerahnya. Plintiran medsos sangat berbahaya, apa yang ada dan sudah dikerjakan silahkan melalui media disampaikan ke masyarakat, sehingga masyarakat mengetahui dan menilainya.  Kab. Bantul sudah mempunyai sistem dan tata kelola Pemerintahan yang baik untuk menuju smart city dan Bapak Bupati sudah mengambil langkah-langkah mengarah  ke hal tersebut, pungkasnya.

Hingga selesainya kunjungan Tim evaluasi di Puskesmas Pajangan sitauasi betakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan).


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 00:35

0 komentar:

CB