Polisi Ajak Siswa SMP N 1 Pleret Tidak Sebar Berita Hoax

Posted by tribratanewsbantul on 13:49

Dalam hidup ini terbukti bahwa orang-orang yang berhasil dan mencapai prestasi hebat adalah orang-orang yang memiliki disiplin diri. Kedisiplinan adalah modal utama untuk meraih keberhasilan, dengan disiplin seseorang akan terbiasa dengan hal-hal yang membuat dirinya bisa berkembang, mengerjakan sesutau tepat pada waktunya dan mengembangkan potensi yang ada pada dirinya.

Hal ini disampaikan oleh Kasi Humas Polsek Pleret Aiptu Sawaldi dalam amanatnya saat menjadi Pembina Upacara Bendera di SMP N 1 Pleret, Senin, 30 Januari 2017 pukul 07.00 Wib.

Lebih lanjut Aiptu Sawaldi mengatakan, tugas utama para siswa adalah belajar dan menuntut ilmu. Maka berdisiplinlah dalam belajar, dengan tidak membolos, tidak suka tawuran atau hal-hal yang cenderung bersifat negatif.

Selain menyinggung masalah disiplin, Aiptu Sawaldi juga menyampaikan pengaruh buruk perkembangan IT. Meskipun memiliki banyak dampak positif, akan tetapi ternyata teknologi informasi dan komunikasi memiliki beberapa dampak negatif yang cukup mengganggu kehidupan sehari-hari. Kebanyakan dampak tersebut disebabkan karena penyalahgunaan dari teknologi informasi dan komunikasi, ataupun disebabkan karena kurangnya pemahaman pengguna akan etika dan juga cara untuk menggunakan teknologi informasi dan juga komunkasi dengan baik dan juga benar.

Tak hanya itu, Aiptu Sawaldi juga meminta siswa-siswi SMPN 1 Pleret untuk mewaspadai berita-berita bohong atau hoax. Apalagi, media sosial saat ini menjadi sarana komunikasi yang paling efektif dalam pembentukan opini publik dan penyebaran pesannya hampir tidak dapat dibendung.

“Banyak sekarang kita ditemukan hoax yang berisi fitnah, adu domba, provokasi dan berita-berita lain yang merugikan,” ujar Aiptu Sawaldi.

Sebagai kaum terdidik, para siswa harus mampu memfilter (menyaring) berbagai informasi, karena khawatir informasi itu tidak mendasar dan hanya adu domba dari pihak tertentu, serta ingin memecah belah bangsa. Jangan malah terprovokasi dan ikut-ikutan menyebarluaskannya.

Untuk itu, Aiptu sawaldi berharap kesadaran dan kedewasaan kepada pengguna media sosial, sehingga dapat memilah dan memilih berita yang positif dan bermanfaat.

“Kita harus menguasai teknologi informasi dan memanfaatkannya untuk kemaslahatan bangsa. Gunakan teknologi informasi dengan tujuan yang jelas, jangan dikalahkan teknologi, tetapi jadilah tuan atas teknologi,” pungkasnya. (Sihumas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:49

0 komentar:

CB