Mediasi Permasalahan Pendirian Tower Internet SD Jolosutro Piyungan

Posted by tribratanewsbantul on 11:32

Rabu, 27 Januari 2016 mulai pukul 09.30 wib bertempat di SD Jolosutro Kebon Prayan Srimulyo Piyungan Bantul dilaksanakan mediasi antara warga Kebon Prayan dengan pihak SD Jolosutro terkait pemasangan tower internet SD Jolosutro yang dinilai warga mengundang terjadinya petir.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ka UPT PPD Piyungan Bpk. Mujiyono Dwi P, Kapolsek Piyungan Kompol Tri Pudjo Santoso, Kasi Intel Pol PP Bantul Drs. Sunarto, Danramil Piyungan Kapten Inf M. Bambang S, Kasi Trantib Kecamatan Piyungan Bpk Joko Wintolo, PJ. Kaurpem Srimulyo Bpk Suprihanto, Perwakilan KPTD Kabupaten Bantul Achmedya, dewan sekolah Serta perwakilan warga.

Permasalahan bermula saat pihak SD Jolosutro mendirikan tower internet untuk memajukan siswa dalam hal Teknologi Informatika (TI) supaya siswa SD Jolosutro tidal tertinggal dengan siswa sekolah lain. Akan tetapi pihak warga merasa takut karena setelah  adanya tower tersebut beberapa waktu lalu terjadi petir besar berulang-ulang dengan bukti alat di delay tower ada kerusakan, instalasi listrik dirumah warga yang dekat tower juga rusak dan pohon jati yang ada di dekatnya terbakar.

Mediasi ini mendatangkan tim ahli dari KPDT Bantul yang menyampaikan bahwa berdasarkan pengamatan terhadap tower di SD Jolosutro dinilai kurang standar karena lighting resistor berada dibawah akibat penambahan tiang antena, tower kurang tinggi, kabel penangkap petir kurang besar sehingga perlu adanya perbaikan penangkap petir.

Adanya asumsi bahwa tower mengundang petir adalah tidak benar, karena petir terjadi karena pelepasan muatan listrik positif yang besar diawan ke titik netral yaitu bumi, dan terjadinya pelepasan muatan listrik tidak dipengaruhi oleh apapun di bumi.

Dari mediasi tersebut didapat kesimpulan antara main berdasarkan pemaparan Dari KPTD Bantul diharapkan warga tidak ketakutan karena perlu digarisbawahi bahwa tower tidak mengundang petir, untik mengawal permasalahan warga dan pihak SD Jolosutro maka akan dibentuk Tim kecil dengan didampingi oleh UPT PPD Piyungan.  Sehubungan dengan pembangunan tower internet yang belum beroperasi masih menunggu kajian ulang dari Tim ahli KPDT kabupaten Bantul. (Sihumas Polsek Piyungan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:32

0 komentar:

CB