Pengukuhan Dan Pelantikan Pengurus Karang Taruna Dipo Ratna Muda Desa Guwosari Pajangan

Posted by tribratanewsbantul on 12:37

Pajangan, Minggu 17 Januari 2016 jam 20.00 Wib, Bhabinkamtibmas Guwosari Bripka Supri Handono, SH menghadiri acara pengukuhan dan pelantikan Ketua dan pengurus Karang Taruna Dipo Ratna Muda Desa Guwosari bertempat di GOR Desa Guwosari Dsn. Iroyudan Guwosari Pajangan.

Hadir dalam acara Ini Drs. H. Daryanto dari Dinas Sosial Kab. Bantul, Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Lurah Guwosari H. Muh. Suharto, Sekretaris Karang Taruna DIY Didik Joko Nugroho, Ketua BPD Desa Guwosari H. Juremi, S.Sos, Ketua PKK Desa Guwosari Umi Suharto, Wakil Ketua LPMD Guwosari Sukirno, Ketua Karang Taruna Kec. Pajangan Nur Kholis, S.Sos.I, Ketua Karang Taruna Asung Bakti Nur Huda, Babinsa Desa Guwosari Serka Jarot Santosa, Kopka Suratmin, segenap Pamong Desa Guwosari,  tamu undangan dan anggota Karang Taruna Dipo Ratna Muda sejumlah ± 100 orang.

Pelantikan dilakukan oleh Lurah Guwosari H. Muh. Suharto dengan Surat Keputusan Lurah Guwosari Nomor 01 Tahun 2016 tentang Pengukuhan Karang Taruna Dipo Ratna Muda Desa Guwosari masa bhakti 2016 – 2018 tertanggal 4 Januari 2016. Ketua Umum Karang Taruna Dipo Ratna Muda terlantik adalah Sdr. Masduki Rahmad, SIP.

Ibu Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun dalam arahannya menyampaikan masa muda masa yang terbaik untuk menentukan masa depan dan harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kalian natinya akan menggantikan posisi Kami sebagai penerus perjuangan Bangsa Indonesia. Bekal keorganisasian ini sangat bermanfaat untuk kalian semua.

Camat mengharap kiprah dari Karang Taruna Dipo Ratna Muda seperti saat menjadi panitia Grebek Selarong kemarin. Karang Taruna harus mengangkat potensi-potensi di desanya terutama Potensi Wisata untuk Desa Guwosari  seperti obyek wisata Gua Selarong, potensi ini sudah dikenal secara nasional dan internasional. Spirit pangeran diponegoro tidak boleh padam dan harus tertanam di diri anggota Karang Taruna Dipo Ratna Muda ini.

Radio yang dimiliki Karang Taruna Dipo Ratna Muda bisa dikembangkan untuk promosi Wisata Desa Guwosari. Kita juga bisa memanfaatkan frekuensi RAPI Distrik I Pajangan yang tadi siang sudah dikukuhkan oleh Ketua RAPI Kab. Bantul yang sekaligus sekda Kab. Bantul Bpk. Drs. Riantono, M.Si. Komonikasi RAPI sangat efektif, akurat dan murah sesuai dengan wilayah Pajangan yang berbukit dan jangkauan sinyal HP yang kurang bagus di wilayah Pajangan.

Pembangunan fisik seperti perumahan harus mendapat ijin sebelum adanya pembangunan bangunan fisik. Masukan dari masyarakat melalui jejaring sosial kepada kami bisa dilakukan dan apabila penting harap di inbox/pesan, hal tersebut sebagai pemberdayaan masyarakat Pajangan untuk pembangunan Pajangan kedepan.

Karang Taruna Dipo Ratna Muda harus bisa mengawal masyarakat Pajangan dan Guwosari ke arah yang lebih baik dengan mengurangi KK dan penduduk miskin di Kec. Pajangan yang disebabkan oleh adanya pernikahan dini.

Bapak Daryanto dari Dinas Sosial Kab. Bantul dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada pengurus yang dilantik dan terimakasih kepada pengurus lama yang telah membawa Karang Taruna Dipo Ratna Muda menjadi juara nasional.

Dinsos tidak bisa memberikan apa-apa karena terbentur peraturan perundang-undangan. Bid 3 Bidang Pengembangan Sosial dan Agama membawahi Karang Taruna dianggarkan dan Rp 5M untuk Tahun ini.  Untuk mengadakan PSM, Karang Taruna, BKSBM, Otsos, Kaum Rois, Yatim piatu dan Piatu yang akan dilaksanakan di masing-masing kecamatan. Kesra kaum rois yang belum tercatat untuk dikirim ke Kasi Kemas ditingkat Desa. Karang Taruna harus bisa memberikan masukan kepada kami seperti anak Yatim Piatu di desanya yang belum tercatat.

Didik Joko nugroho, Sekretaris Karang Taruna DIY juga mengucapkan selamat berjuang kepada pengurus yang baru dilantik dan terimaasih kepada Ketua Karang Taruna Sdr. Nur Kholis yang telah membawa Karang Taruna Dipo Ratna Muda menjadi juara tingkat nasional. Pengabdian harus didasarkan dengan rasa iklas. Karang Taruna adalah agen of change/perubah. Sejarah negeri ini membuktikan  peran serta pemuda dalam penjuangan dan pembangunan Bangsa Indonesia.

Kedepan tantangan makin meningkat, Pemuda saat ini menjadi permasalahan. Untuk itu teman-teman yang dilantik ini harus menjadi sebuah generasi muda penyelesaian permasalahan bukan menambah masalah bagi Bangsa dan negara. Idiharapkan dari Karang Taruna Dipo Ratna Muda nanti menjadi generasi penyelesai permasalahan.

Kita harus mengingat kembali arti dari semboyan Karang Taruna “Adhitya Karya Mahatwa Yodha”, Pejuang yang cerdas dan kepribadian yang unggul. Hingga selesainya pengukuhan Karang Taruna Dipo Ratna Muda Desa Guwosari berakhir dalam keadaan aman dan kondusif dengan pengamanan dari personil Polsek Pajangan. (Sihumas Polsek Pajangan).


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:37

0 komentar:

CB