Revolusi Mental Polri, Dari Dilayani Menjadi Melayani Masyarakat

Posted by tribratanewsbantul on 10:56

Kabag Sumda Polres Bantul Kompol Nugroho Budi Lustomo, S.Pd menegaskan revolusi mental Polri terletak pada perubahan mentalitas dari dilayani menjadi pelayan masyarakat.

Polri harus menjadi contoh teladan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, mengayomi dan melayani. Polri juga harus responsif mewujudkan kepentingan publik. Karenanya Kabag Sumda memandang perlu dilakukan perubahan paradigma bagaimana polisi memperlakukan masyarakat dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Kabag Sumda saat  mengambil apel pagi di Polsek Srandakan, Rabu, 27 Januari 2016 pukul 08.00 Wib. Apel pagi diikuti oleh para Kanit, Kasi dan anggota Polsek Srandakan termasuk Kapolsek Srandakan Kompol Endang Suprapto, SH.

Kabag Sumda juga menambahkan, dengan pelatihan revolusi mental, sikap dan perilaku polisi diharapkan bisa lebih baik lagi. Seorang anggota polisi itu mengutamakan bagaimana melayani masyarakat daripada minta dilayani. Revolusi mental ini bisa jadi perubahan sikap dan perilaku polisi dalam bertugas

“Bagi para Perwira Polsek Srandakan yang telah mengikuti pelatihan Revolusi Mental beberapa waktu lalu di Polres Bantul agar menyampaikannya kepada seluruh anggota,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Kabag Sumda juga mengingatkan agar anggota tidak melakukan pelanggaran. Menurutnya ada empat jenis pelanggaran yang seringa dilakukan oleh anggota yakni, perselingkuhan, perjudian, narkoba dan penganiayaan.

Penyalahgunaan wewenang anggota Polri dalam melaksanakan tugas di tengah masyarakat ini sebenarnya tidak akan terjadi apabila semua anggota Polri memahami, menguasai dan mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam etika profesi Polri dan peraturan disiplin anggota Polri.

“Nilai-nilai etika profesi Polri dan peraturan disiplin anggota Polri yang diaktualisasikan secara riil dan kongkret oleh anggota Polri sebenarnya akan mampu menghindari sikap dan perilaku yang mengarah pada penyalahgunaan wewenang anggota Polri,” pungkasnya. (Sihumas Polsek Srandakan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:56

0 komentar:

CB