Bupati Bantul Buka TMMD Sengkuyung Ke 98 Di Desa Caturharjo

Posted by tribratanewsbantul on 14:17

Bupati Bantul bertidak sebagai Irup dalam Upacara Pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung ke 98 untuk wilayah Kodim 0729/Bantul di Lapangan Caturharjo, Pandak, Bantul, Rabu, 5 April 2017.

TMMD Sengkuyung ke 98 mengambil tema “Dengan Semangat Kemanunggalan Serta Kerjasama Lintas Sentral Dan Lintas Komponen Bangsa Kita Wujudkan Percepatan Desa Membangun Indonesia Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat".

Hadir dalam upacara tersebut Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Agus Widianto Kapolres Bantul  AKBP Dadiyo,SIK , Pasikum Rem 072/PMK Mayor CHK Agus Ginanto, Perwakilan Anggota DPRD TK II Bantul, Staf Ahli Bupati, para Kepala SKPD Kab. Bantul, Para Danramil jajaran, Para Kapolsek jajaran, Para Camat se Kab. Bantul, Muspika Kec. Pandak, Para Kades se Kec Pandak serta tamu undangan lainnya.

Sementara pasukan upacara terdiri dari personel Korsik Pemda Bantul, Kodim 0729/Bantul,  Polres Bantul, PNS Kodim 0729/Bantul, Satpol PP, Linmas, Gabungan Pamong/Kadus se Kec.Pandak, BPD dan LPMD se Kec.Pandak, FKPPI, Tagana, Banser, Tim SAR, Pramuka dan pelajar.

Bupati Bantul dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukurnya atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan ridhoNya kita masih diberikan kekuatan lahir dan batin sehingga dapat mengikuti upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa ke - 98 Sengkuyung Tahap I TA 2017 di wilayah Kab. Bantul dalam keadaan tertib dan lancar. Manunggal berarti menjadi satu dalam sikap dan tingkah laku, berpadu sehingga tidak terpisahkan satu dengan yang lainya.

TMMD merupakan Progam Terpadu Lintas Sektor antara TNI dengan Polri, Kementrian atau Lembaga baik Pemerintah Pusat maupun Daerah maupun Non Pemerintah yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat guna mengakselerasi pembangunan kawasan pedesaan khusunya pada kawasan tertinggal, perbatasan, kumuh serta kawasan rawan bencana.

Kegiatan TMMD selaras dengan agenda Nawacita Presiden RI khusunya butir ketiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran untuk memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, hal ini juga sejalan dengan semangat pemerintah Kab.Bantul yakni semangat Makaryo Mbangun Deso.

Bupati Bantul Atas Nama Pemerintah Daerah, mengajak kepada seluruh prajurit TNI/ Polri di Kab.Bantul serta semua pihak terkait lainya untuk ikut berpartisipasi bersama sama dengan masyarakat untuk menciptakan percepatan pembangunan di desa desa diwilayah kab.Bantul, hal ini tentunya berarti menunjukan bahwa fungsi teritorial TNI khususnya tidak hanya sebatas fokus dibidang pertanahan semata,  namun dalam menjaga dan menjamin kedaulatan negara untuk itu TNI nyatanya mampu memberikan sumbangsih dan kontribusi yang besar serta pengaruh positif terhadap kemajuan masyarakat dan percepatan pembangunan di daerah.

Setelah sambutan selesai, secara simbolis Bupati Bantul Drs. H. Suharsono menyerahkan bantuan alat kerja kepada perwakilan dari TNI, Petugas Linmas, dan warga setempat, dilanjutkan dengan Penandatanganan BAP Proyek dari Bupati Bantul kepada Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Agus Widianto selaku Dan Satgas TMMD.

Adapun Sasaran TMMD ke-98 Sengkuyung tahap I TA 2017 yang dibacakan oleh Kapten CHB Stepanus Sunarno  selaku pimpinan pelaksanaan proyek antara lain sasaran utama yakni sasaran fisik berupa pengerasan cor blok jalan panjang 600 meter,lebar 3 meter,tebal 12 Cm dan pembuatan talud sungai panjang 62 meter tinggi 2 meter tebal 0,5 meter lokasi di Dusun Bogem, Desa Caturharjo.

Kemudian sasaran ke 2 merupakan sasaran fisik tambahan yakni dengan merehab rumah tidak layak huni sebanyak 5 rumah, corblok jalan : p 150 m,t 12 cm, rehab paud maju lancar, rehab GOR Dusun Bogem, Rehab Pondok Anak Yatim, timbun bahu jalan P 750 m,L 2 m,T 10-15 cm, dengan sumber dana  dari APBD Provinsi DIY Rp.75.000.000,-, APBD Kabupaten Rp.200.000.000,-, APB Des Caturharjo Rp.30.000.000,-, dan swadaya masyarakat Rp.20.000.000,- .

Sedangkan untuk sasaran non fisik berupa pembekalan bela negara, wawasan kebangsaan, toleransi/kerukunan antar umat beragama serta hidup bermasyarakat dengan baik dan lain-lain.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pengecekan lokasi TMMD oleh Bupati diikuti para pejabat lainya ke Dusun Bogem Caturharjo Pandak Bantul. (Sihumas Polsek Pandak)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:17

0 komentar:

CB