Pagelaran Wayang Kulit Peresmian Pasar Angkruksari

Posted by tribratanewsbantul on 13:34

Dalam rangka acara tasyakuran peresmian pasar Angkruksari, Donotirto, Kretek telah digelar pagelaran Wayang Kulit di halaman parkir pasar Angkruksari jalan Parangtritis Km 21 Kretek Bantul, Sabtu (31/3/2017) jam 20.00 Wib. Acara ini bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan dinas perdagangan Kab. Bantul.

Hadir Kapala Dinas perdagangan Kab Bantul Ir Subiyanto Hadi MM ,Camat Kretek Harso Wibowo SH Msi,Kapolsek Kompol Salim,Danramil Kapten Inf Wardani, Lurah Donotirto Jurahimi dan sejumlah ± 150 masyarakat

Adapun dalang wayang adalah Dalang gaul Q-Thole Joko Subledhex (Joko Tole) dari Mancingan Parangtritis Kretek melakonkan "Semar Mbangun Pasar (Syekh Subakir)" dengan diiringi oleh Karawitan Sanggar seni Bleddhex wirama kliwir dan tiga waranggono diantaranya Sekar, Wiwid dan Mariyem.

Dalam sambutannya Ir Subiyanto Hadi MM menyampaikan bahwa pagelaran wayang kulit ini disamping untuk mengayubagiyo dimulainya pengoperasian pasar Angkruksari beserta tiga pasar lainya juga ikut nguri uri kebudayaan jawa yang hampir punah.

Lebih lanjut Ir Subiyanto Hadi MM berharap pasar rakyat ini bisa meningkatkan perekonomian rakyat pedesaan sehingga kesejahteraanpun bisa meningkat. Pagelaran wayang kulit merupakan tontonan dan tuntunan yang baik, untuk itu marilah kita ambil hikmahnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya Ir Subiyanto Hadi MM menyerahkan wayang tokoh Semar kepada dalang Q Joko Bledhex tanda dimulainya pagelaran.

Selama kegiatan berlangsung anggota polsek Kretek, Koramil beserta Dishub melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Kretek)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:34

0 komentar:

CB