Kapolres Bantul Hadiri Deklarasi Patuhi Protokol Kesehatan Pelaksanaan Tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2020

Posted by tribratanewsbantul on 12:58

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tribudi Sulistiyono SIK MH menghadiri Deklarasi dan Penandatanganan Pakta Integritas Komitmen Mematuhi Pelaksanaan Tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2020 secara Aman, Sehat, Jujur, Adil, Damai, Elegan dan Bermartabat Serta Mematuhi Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 dalam Setiap Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bantul Tahun 2020.

Kegiatan ini sebagai upaya preventif penyebaran Covid-19, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bantul mengajak dua Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, masing-masing Abdul Halim Muslih-Joko B Purnomo dan Suharsono-Totok Sudarto untuk mematuhi protokol kesehatan Pencegahan Covid-19 saat melakukan kampanye.

Komitmen bersama terhadap penerapan protokol kesehatan Covid-19 saat kampanye itu dituangkan dalam pakta integritas yang ditandatangani bersama oleh kedua pasangan calon di Kantor Bawaslu Bantul pada Jumat (23/10/2020).

Ketua Bawaslu Bantul, Harlina mengatakan, kegiatan penandatanganan komitmen pencegahan Covid-19 itu menjadi salah satu hal yang krusial dalam pengawasan Bawaslu. Hal itu mengacu pada instruksi dari Bawaslu Republik Indonesia di mana Bawaslu Kabupaten atau Kota supaya membentuk Kelompok Kerja (Pokja) guna mencegah terjadinya penyebaran virus Corona saat kampanye tengah berlangsung.

Oleh karenanya, salah satu isi dari pakta integritas itu menekankan agar Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati mematuhi protokol kesehatan Covid-19 minimal memakai masker saat berkampanye.

Lebih jauh dari pada itu, kata dia, baik Paslon maupun peserta yang terbatas itu juga harus mencuci tangan dengan menggunakan sabun, menjaga jarak serta menghindari kerumunan.

"Pokja Covid-19 yang kita bentuk ini sudah mulai berjalan. Dari situlah kita menyamankan langkah untuk bagaimana bahwa apa yang sudah ditandatangani itu secara real sudah dipatuhi dan ditaati oleh pasangan calon maupun masyarakat yang ikut dalam kegiatan itu," ujarnya.

Penekanan terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19 itu juga disampaikan oleh Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Bantul Budi Wibowo. Dia mengatakan salah satu indikator suksesnya penyelenggaraan pilkada itu jika pasangan calon maupun masyarakat pemilihnya mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

"Penegakan prokes (protokol kesehatan) menjadi penting karena berbicara pemulihan ekonomi itu sukses jika protokol kesehatan juga sukses dilakukan. Demikian juga dengan penyelenggaraan pilkada," tandasnya. (Humas Polres Bantul)
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:58

0 komentar:

CB