Polda DIY Bersama Unsur Tiga Pilar Bakti Sosial Bagikan Bibit Tanaman Di Bukit Pangul Permai Bambanglipuro

Posted by tribratanewsbantul on 07:10

Dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, Polda DIY bersama unsur tiga pilar pemerintahan Kabupaten Bantul menyelenggarakan kegiatan bakti sosial (baksos) pemberian bibit tanaman cengkeh dan tanaman buah di Bukit Pangul Permai, Dusun Ngajaran, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul. Senin (26/10/2020) pagi.

Adapun jumlah bibit tanaman cengkeh yang dibagikan sebanyak 1550 batang dan bibit tanaman buah sebanyak 50 batang yang nantinya akan dibagikan di 17 desa Kampung Tangguh Nusantara (KTN) di Kabupaten Bantul.




Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Dir Pam Obvit Polda DIY diwakili Wadir Pam Obvit AKBP Drs. Mujiyono, Dir Binmas Polda DIY diwakili KBO Dir Binmas AKBP Kurniawati S.Sos, Kasubdit Audit Pam Obvit Polda DIY AKBP drh. Tri Rina, Bupati Bantul diwakili Sekda Bantul Helmy Jamharis SH MM, Kapolres Bantul diwakili Wakapolres Bantul Kompol Noer Alam S.I.K, Dandim 0279/Bantul diwakili Kasdim Mayor Inf. Jaka Susila, Kepala BPBD Kabupaten Bantul Drs. Dwi Daryanto M.Si, Kasat Binmas Polres Bantul AKP Rapiqoh SH, Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM, Camat Bambanglipuro Drs. Lukas Sumanasa M.Kes, Lurah Desa Sidomulyo Edi Murjito S.Pd, Bhabinkamtibmas dan Babinsa se Kabupaten Bantul.

Wadir Pam Obvit Polda DIY, AKBP Drs. Mujiyono mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh Polda DIY bersama tiga pilar pemerintahan yakni Polres Bantul, Kodim 0729/Bantul dan jajaran Pemerintah Daerah Bantul bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19.

"Ini perlu dilakukan karena di masa pandemi kita harus saling bersinergi dalam membantu masyarakat untuk meningkatkan kualitas ketahanan pangan dengan cara pemberian bibit cengkeh dan buah-buahan untuk dipelihara, sehingga hasilnya bisa dinikmati untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan bagi masyarakat di Bantul," katanya.

Menurutnya, wilayah di Kabupaten Bantul hampir seluruhnya memiliki struktur tanah yang sangat cocok serta mudah dipelihara menjadikan pohon cengkeh cocok bila ditanam di Bantul.

"Karena di daerah Bantul struktur tanahnya cocok, pohonnya mudah dipelihara dan gangguan terhadap hama tanaman sedikit sehingga cocok untuk masyarakat. Jadi tinggal tanam kemudian dipelihara, tidak terlalu sulit," katanya.

"Mudah-mudahan melalui baksos ini masyarakat dapat bangkit dan tetap memiliki semangat dalam melakukan penanaman untuk membudidayakan pekarangan. Ini juga terkait Kampung Tangguh Nusantara (KTN) yang berarti tangguh secara ekonomi, kesehatan, kamtibmas, pendidikan dan informasi," ucapnya.

Bupati Bantul yang diwakili Helmy Jamharis SH mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini juga mendukung Gerakan Menanam di Pekarangan (Gempar) yang sedang digencarkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Bantul.

"Tentu ini waktu yang sangat pas karena memasuki musim penghujan. Selain itu, dapat mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Bantul dalam mengisi masa pandemi Covid-19 agar tetap memiliki spirit bagaimana kita meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat," tuturnya.

Oleh sebab itu, ia berharap kegiatan ini bisa terus dikembangkan serta pembagian bibit pohon di 17 Kapanewon di Bantul bisa menggerakkan partisipasi masyarakat untuk mendukung gerakan penanaman.

"Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada jajaran Polda DIY, Polres Bantul dan Kodim 0279/Bantul yang saling bahu membahu meningkatkan ketahanan pangan melalui kegiatan penanaman bibit pohon di Bantul," tutupnya.

Selama kegiatan berlangsung, Personel Polsek Bambanglipuro mengamankan hingga kegiatan berakhir dengan aman dan kondusif. (Humas Polsek Bambanglipuro)

#humaspolresbantul


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 07:10

0 komentar:

CB