Polsek Pajangan Sosialisasikan Kode Kenthongan

Posted by tribratanewsbantul on 07:00

Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman dan Kasihumas Polsek Pajangan Aiptu Sunarto menghadiri Pertemuan rutin dan Syawalan P2AI (Pembinaan Pengamalan Agama Islam) Desa Triwidadi Pajangan di Balai Desa Triwidadi, Jumat 29 Juli 2016 jam 20.00 Wib.

Acara dihadiri oleh Lurah Desa Triwidadi Bpk. Slamet Riyanto, Ketua P2AI Desa Triwidadi Bpk. Rohmad Marzuki, pengurus dan anggota P2AI yang hadir sebanyak 17 orang.

Rohmad Marzuki dalam sambutannya mengajak para hadirin meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Alloh SWT. Selanjutnya memimpin pembacaan Ikrar Halal bihalal yang diikuti seluruh peserta kegiatan.

Slamet Riyanto dalam kesempatannya menyampaikan Pembinaan Kaum Rois Desa Triwidadi Pajangan Bantul dan semua kegiatan dari P2A direncanakan tahun 2017 akan mendapat dukungan anggaran dari dana Desa Triwidadi.

Bhabin Kamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman dalam kesempatan ini memberikan sosialisasi tentang cara-cara memukul kentongan sebagai alarm tanda bahaya.

Salah satu materi yang disampaikan adalah tanda-tanda bunyi kentongan sesuai dengan Instruksi Gubernur Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta No 5/Inst/1980 tanggal 6 Juli 1980.

Aiptu Ngadiman kemudian mempraktekkan cara memukul kentongan kepada seluruh anggota. Apabila situasi aman kentongan dipukul dengan cara Doro Muluk/ naik turun sebanyak satu kali dengan kode OOOOOOOOOOO.

Apabila masyarakat diminta wasada terhadap bencana alam maupun kejahatan, kentongan dipukul dua dua dengan kode OO. OO.OO. OO. OO.

Ketika terjadi tindak pidana pencurian, kentongan dipukul tiga tiga dengan kode OOO. OOO. OOO.

Sedangkan ketika terjadi tindak pidana perampokan, kentongan dipukul dengan cara titir tujuh, gandul satu dengan kode OOOOOOO. O. OOOOOOO. O.

Lain lagi ketika terjadi bencana alam, kentongan dipukul dengan cara titir dengan kode OOOOOOOOOOOO.

Dan yang terakhir adalah apabila ada orang meninggal dunia, kentongan dipukul dengan cara Doro Muluk/ naik turun gandul satu sebanyak dua kali dengan kode OOOOO. O. OOOOO. O. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 07:00

0 komentar:

CB