Polsek Sedayu Gelar Syawalan

Posted by tribratanewsbantul on 10:55

Keluarga besar Polsek Sedayu menggelar acara syawalan 1437 H di Rumah Makan Sambal Mania, Kemusuk Kidul, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Sabtu, 23 Juli 2016 jam 15.30 Wib.

Kegiatan ini diikuti seluruh anggota  Polsek Sedayu beserta Bhayangkari Ranting Sedayu.

Kapolsek Sedayu Kompol Moch. Nawawi, S.Pd dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada seluruh anggota yang hadir menyempatkan diri untuk acara syawalan dan silaturahmi ini. Kapolsek merasa terharu bahwa acara syawalan ini bisa dilaksankan walaupun sederhana namun penuh dengan khitmat.

Selesai sambutan dilaksanakan dengan ikrar syawalan yang dibacakan ibu Bhayangkari ditirukan oleh semua yang hadir, dan dilanjutkan tausyiah oleh Aiptu Suraya, Kasihumas Polsek Sedayu.

Dalam tauziahnya,  Aiptu Suraya mengatakan, sebagaimana kita maklum adanya halal bi halal ini, karena adanya ibadah puasa Romadlon, Shalat Tarwih dan ‘Idul Fithri. Sudah barang tentu sangat erat kaitannya antara ketiga macam kegiatan tersebut. Melalui ibadah puasa dan sholat tarwih ini, jika dilakukan dengan dasar iman dan semata – mata mengharap pahala dari Alloh, maka Alloh akan mengampuni dosa – dosa dan kesalahan – kesalahan selama setahun yang telah lalu.

Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda: “Alloh telah mewajibkan puasa Romadlon dan aku men-sunnahkan shalat (qiyamu Romadlon/ Tarwih) pada malam harinya. Maka barang siapa berpuasa pada siang harinya dan sholat Tarwih pada malam harinya, semata – mata karena iman dan mengharap pahala dari Alloh, keluarlah dari dosa – dosanya, sehingga keadaannya pada hari raya ‘Idul Fithri, seperti bayi yang baru dilahirkan dari kandungan ibunya” (Al – Hadits).

Tentu saja dosa – dosa yang diampuni dengan puasa dan sholat Tarwih tersebut hanyalah dosa dan kesalahan yang terkait langsung antara hamba dengan Alloh. Sedangkan dosa atau kesalahan yang terjadi antar sesama manusia, baru akan diampuni mana kala mereka yang terlibat slah dan dosa tersebut mau dengan hati ikhlash untuk saling maaf – memaafkan.

Nah agar dosa dan kesalahan yang diampuni tidak hanya dosa antara hamba dengan Alloh, tetapi juga dosa dan kesalahan antar sesama manusia, maka para Ulama dahulu menciptakan suatu acara saling maaf – memaafkan setelah selesainya pelaksanaan Sholat ‘Ied dan beberapa hari kemudian, yang dikenal dengan sebutan Halal bi halal ini.

Jadi halal bi halal ini diadakan, agar setelah puasa Romadlon dan ‘Idul Fithri dosa -  dosa manusia bisa terampuni semuanya, baik dosa antara hamba dengan alloh, maupun dosa – dosa sesama manusia. Sehingga manusia saat itu benar – benar suci bersih dari segala dosa, ibarat bayi yang baru lahir dari kandungan ibunya atau ibarat kain putih yang belum ada noda atau kotoran sedikitpun.

Acara diakhiri dengan acara saling berjabat tangan, diawali dari Bapak Kapolsek bersama ibu secara bergiliran, sebagai penutup menikmati hidangan yang telah disediakan. (Sihumas Polsek Sedayu)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:55

0 komentar:

CB