Sosialisasi Bahaya Narkoba Kepada Linmas Inti Se-Kecamatan Pandak

Posted by tribratanewsbantul on 14:37

Sebanyak 50 orang Anggota Satuan Linmas Inti se-Kecamatan Pandak mulai dari Senin, 25 Juli 2016 hingga Rabu, 27 Juli 2016 mengikuti Pelatihan Peningkatan Keterampilan Penanggulangan Bencana Kebakaran dan Bahaya Narkoba di aula balai Desa Caturharjo Pandak Bantul

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Sat Pol PP kabupaten Bantul bekerja sama dengan kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul dan Sat Narkoba Polres Bantul selaku narasumber tentang Pengetahuan, Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Jenis-Jenis Narkoba.

Hari kedua ini, seluruh peserta pelatihan mendapat materi tentang Pengetahuan dasar Narkoba dan bahaya penggunaanya yang disampaikan oleh Bripka Sujono Wibowo, SH dari Sat Narkoba Polres Bantul.

Ia menjelaskan bahwa faktor penyebab penyalahgunaan Narkoba biasanya berasal dari beberapa faktor. Di antaranya masalah individu misalnya iseng/coba-coba, cari perhatian dll. Kemudian yang kedua adalah faktor masalah keluarga, misalnya keluarga broken home, kurang pengawasan orang tua serta tidak ada komunikasi yang baik dalam keluarga. Dan faktor yang ketiga adalah faktor lingkungan seperti bermukim ditempat sarang Narkoba serta pergaulan dengan para pengguna Narkoba dll.

Bripka Sujono Wibowo, SH juga juga menjelaskan adapun bahaya penyalahgunaan Narkoba antara lain ketergantungan fisik dan psikis, depresi hebat, sakaw, rusaknya organ tubuh seperti otak, jantung, ginjal, hati, kemudian dapat menyebabkan kematian yang diakibatkan pecahnya pembuluh darah otak.

Dengan berbekal pengetahuan singkat tentang Narkoba dan bahaya penggunananya ini diharapkan Linmas dapat berperan membantu tugas polisi, yaitu memberantas Narkoba di lingkungan masing-masing. (Sihumas Polsek Pandak)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:37

0 komentar:

CB