Deklarasi Stop BABS Di Desa Triwidadi

Posted by tribratanewsbantul on 14:11

Bhabinkamtibmas Triwidadi Aipda Ngadiman menghadiri acara pendeklarasian Desa Triwidadi stop BABS (Buang Air Besar Sembarangan) bertempat di Balai Desa Triwidadi, Selasa 22 Desember 2015 jam 11.00 Wib.

Acara dihadiri Dinkes Kab. Bantul Ibu Sudarwati, SST, Kepala Puskesmas Pajangan Dr. Lucia Sri Rejeki, MPH, Koordinator Program STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Dinkes DIY Drs. Nanang Gusmanto, MSi, Kasikemas Kec. Pajangan Mursidi dan Lurah Triwidadi Slamet Riyanto. Peserta deklarasi bersama tersebut terdiri dari Kadus dan Tim Penggerak PKK se Desa Triwidadi sejumlah ± 50 orang.

Deklarasi bersama Stop BABS Desa Triwidadi ditandai pembacaan Ikrar Stop BABS dipimpin oleh Lurah Triwidadi dan ditirukan oleh semua hadirin, dilanjutkan penandatanganan Ikrar, pemasangan Pin Akselesari Pencapaian Desa STBM dan penyerahan sertifikat Stop BABS dari Dinkes Kab. Bantul kepada Lurah Desa Triwidadi.

Drs. Nanang Gusmanto, Msi dalam sambutannya mengatakan setelah deklarasi ini diwajibkan kepada Desa maupun tingkat Dusun membuat aturan dan sangsi berupa denda kepada para pelanggar BABS dengan cara musyawarah.

TNI dan Polri sudah membuat kerjasama dengan Kementrian Kesehatan untuk menggerakkan masyarakat dalam membuat 1 juta jambanisasi. Desember ini Pamsimas Kab. Bantul sudah 50 % dan target hingga Bulan Maret 2016 harus 100 %.

Lurah Triwidadi Slamet Riyanto mengatakan Tahun depan pihaknya akan terus mengusahakan program MCK hingga benar-benar Desa Triwidadi warganya mempunyai MCK yang layak.

Hingga selesainya Deklarasi Desa Triwidadi Stop BABS situasi berakhir dalam keadaan aman dan kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan).


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:11

0 komentar:

CB