Rapat Koordinasi Kesiapan Pengamanan Natal Dan Tahun Baru 2016

Posted by tribratanewsbantul on 13:31



Kapolres Bantul AKBP Dadiyo, SIK diwakili oleh Waka Polres Bantul Kompol Muhammad Qori Oktohandoko, SIK adakan Rapat koordinasi Operasi Lilin Progo 2015 di gedung induk Parasamya komplek kantor Kabupaten Bantul, Sabtu, 20 Desember 2015 pukul 09.00 Wib.

Operasi Lilin Progo 2015 digelar oleh Polres Bantul dan jajaran bersifat terbuka dengan mengedepankan giat preemtif, preventif, Gakkum didukung deteksi dini / lidik yang dibantu instansi terkait lainnya dan mitra kamtibmas lainnya dalam rangka memelihara keamanan guna menjamin stabilitas kamtibmas yang kondusif khususnya dalam rangka perayaan Natal 2015 dan tahun baru 2016 baik di Gereja dan tempat lain yang digunakan untuk ibadah serta tempat wisata / rekreasi, tempat belanja / pertokoan, pemukiman dan tempat-tempat lainnya di wilayah Bantul.

Rakor ini bertujuan untuk menyelaraskan pola pengamanan dan menggali informasi dan masukan tentang kesiapan pengamanan, sarana angkutan, prasarana atau infrastruktur dan situasi Kamtibmas menjelang Natal dan Tahun Baru 2016 H di wilayah Bantul.

Hadir dalam kesempatan tersebut adalah Plt Bupati Bantul, yang mewakili Komandan Kodim 0729 Bantul, Ketua DPRD Kabupaten Bantul, Para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran Polres Bantul,  Dinas Perhubungan, Pol PP, PLN, PMI, Dinas Pariwisata, Banser, Senkom, Orari, DPU, Pemadam kebakaran dan lain lainya.

Materi yang disampaikan dalam Rakor Pengamanan ini mengenai kesiapan pengamanan, sarana angkutan dan prasarana jalan yang khususnya jalur Pariwisata serta jalur alternatif. Lalu membahas ketersedian pasokan bahan bakar minyak dan kebutuhan pokok lainya. Selain itu, menyelaraskan pola pengamanan di wilayah hukum Polres Bantul.

Dalam paparanya Waka Polres Bantul menyampaikan Polres Bantul akan melakukan Operasi Lilin Progo 2015 selama 9 hari mulai tanggal 24 Desember 2015 hingga 1 Januari 2016 dengan mengerahkan ratusan personil Polri. Serta mendirikan 3 Pos Pengamanan dan 14 pos Pantau dengan penanggungjawab para Kapolsek setempat. Adapun 3 Pos Pengamanan tersebut adalah Pos Gabusan, Pos Pam Ganjuran dan Pos Pam Parangtritis.

Untuk pengamanan, Polisi akan menempatkan personil baik terbuka maupun tertutup yang berseragam maupun tidak berseragam untuk patroli dan mengamankan Gereja, tempat Wisata, tempat rawan kemacetan lalulintas dan lain lainya.

Sedangkan dari Dishub Bantul akan mengamankan sepanjang jalur utama dan sudah menyiapkan jalur alternatif untuk mengatasi kemacetan.

Dari Dinas Kesehatan bahwa untuk puskesmas puskesmas di wilayah Bantul akan buka selama 24 jam full selain itu juga dari Dinkes Bantul juga akan menempatkan personilnya di Pospam pospam bergabung dengan personil dari Polri dan instansi lainya untuk melakukan pelayanan terhadap masyarakat / warga dengan melibatkan petugas PMI, Rumah Sakit, Puskesmas dan mensiagakan Ambulance serta obat obatan emergenzy.

Cara bertindak yaitu mengadakan kegiatan intelijen, melaksanakan kegiatan pencegahan meliputi penjagaan, pengaturan pengawalan dan patroli, melaksanakan kegiatan Binluh kepada masyarakat untuk mencegah gangguan kamtibmas, melakukan penindakan hukum terhadap setiap pelaku tindak pidana yang mengganggu perayaan Natal 2015 dan tahun baru 2016 sesuai ketentuan yang berlaku, melaksanakan bantuan medis dan kesehatan kepada para korban akibat laka lantas dan bencana alam, menyiapkan pos-pos pengamanan di tempat ibadah, lokasi keramaian dan tempat wisata dan lain lainya.

Dalam kesempatan tersebut Waka Polres juga mengajak kerjasamanya kepada pihak pihak terkait untuk menyukseskan pelaksanaan Operasi Lilin Progo 2015.

Kapolres juga menghimbau agar para tokoh agama (Nasrani) bisa memberikan nasehat kepada jamaahnya agar selalu waspada jaga keselamatan diri maupun barang, serta menghimbau kepada pengurus gereja agar meningkatkan keamananya sebelum, sedang dan sesudah perayaan Natal.

Selanjutnya dalam rapat diadakan acara koordinasi, perencanaan dan kebijakan terkait agar pelaksanaan Operasi lilin Progo 2015 dapat terlaksana dengan baik dan lancar sehingga nantinya keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan Natal dan tahun baru dapat berjalan lancar. (Bag Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:31

0 komentar:

CB