Dukun Pengganda Uang Diamankan Di Polsek Jetis

Posted by tribratanewsbantul on 11:25

Seorang laki laki IR (40 tahun) , warga Dusun Karangsemut, Desa Trimulyo, Kecamatan Jetis ditangkap petugas Unit Reskrim Polsek Jetis karena terbukti melakukan penipuan terhadap para korbanya dengan modus bisa menggandakan uang secara ghoib.

Adapun korban adalah Suradi (49 tahun)  warga Wonodadi, Klanthungan, Kabupaten Kendal. Karena terlilit hutang ratusan juta, Suradi mendatangi tersangka dan menyerahkan uang Rp 50 juta untuk digandakan. Dari Rp 50 juta uang milik Suradi, Rp 10 juta digunakan untuk membeli minyak  Ponibalsawa untuk persyaratan dalam ritual. Sedangkan sisa uang sebesar Rp 40 juta dijanjikan akan bertambah menjadi Rp 300 juta dengan proses selama 40 hari.

Proses ritual sendiri dilakukan di tempat praktik tersangka di Dusun Bulu, Desa Trimulyo, pada 9 Juli 2015 lalu. Setelah 40 hari korban hendak meminta uang tersebut, namun tersangka justru tidak berada di rumah dan diduga kabur. Sadar telah ditipu oleh tersangka, korban kemudian melapor ke Polsek Jetis pada 7 Desember lalu.

“Kita mendapatkan laporan dari korban dan kita langsung melakukan pengejaran, hari itu juga pelaku berhasil kita tangkap di wilayah Piyungan. Pelaku akan kita jerat dengan pasal 378 soal penipuan,” terang Aiptu Margono.

Aiptu Margono mengatakan, selain korban Suradi (49 tahun), polisi juga mencatat ada beberapa korban lainnya yang hingga kini belum melapor ke polisi. Salah satunya, warga asli Madura yang tinggal di Krapyak, Panggungharjo, Sewon.

Selain menggunakan modus penggandaan uang, tersangka juga menipu korbannya dengan meminjam uang untuk investasi dan dijanjikan akan dikembalikan dengan bunga tinggi. “Pada saat pelaku kami ajak ke TKP tempat ritual, di situ sudah ada beberapa orang yang menunggui. Diantaranya orang Madura tersebut yang tinggal di Krapak itu mengaku dipinjami uang Rp 30 juta,” jelas Aiptu Margono, 15 Desember 2015.

“Dari penelusuran kami uang hasil menipu digunakan untuk membayar  down payment  (DP) mobil Toyota Avanza. Kami sedang mencoba mengambil mobil itu karena saat ini sudah digadaikan disuatu tempat karena diburu dari para korbanya,” kata Aiptu Margono. (Sihumas Polsek Jetis)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:25

0 komentar:

CB