Festival Musik Religi Islami Se-Kabupaten Bantul Di Balai Desa Wonokromo Pleret

Posted by tribratanewsbantul on 09:43

Dalam rangka membangkitkan kelompok seni dan mengembangkan musik religi, Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Kebudayaannya menyelenggarakan Festival Musik Religi Islami antar Kecamatan se Kabupaten Bantul yang berlangsung di Pendopo Balai Desa Wonokromo, Pleret, Bantul selama dua hari yakni tanggal 23 s/d 24 Mei 2017 mulai pukul 19.30 WIB.

Festival diikuti sebanyak 17 kelompok peserta dari 17 Kecamatan se Kabupaten Bantul dengan menampilkan kesenian musik hadroh. Adapun pelaksanaan pada hari pertama menampilkan 8 kelompok peserta dari Kecamatan Srandakan, Piyungan, Pajangan, Sanden, Banguntapan, Sedayu, Pleret dan Sewon. Sedangkan untuk hari kedua dari 9 Kecamatan yakni Jetis, Bantul, Pandak, Imogiri, Pundong, Kretek, Dlingo, Kasihan dan Bambanglipuro.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul Sunarto, SH, MM hadir mewakili Bupati Bantul, sekaligus membuka secara resmi Festival Musik Religi Islami ditandai dengan menabuh rebana yang diikuti oleh kelompok peserta secara bersama-sama, Selasa (23/5/2017) malam.

Acara ini juga dihadiri oleh Camat Pleret M. Alwi, SH, MH, Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH, Danramil Pleret Kapten Arm. Waluyo, Lurah Desa H. Edy Pudjono, S.IP, M.AP, Tim Juri, Kelompok Peserta Festival Musik Religi Islami dan para tamu undangan.

Sunarto, SH, MM dalam sambutannya saat membuka festival ini mengatakan bahwa acara festival ini sebagai ajang pembinaan kelompok seni di Kabupaten Bantul, khususnya kelompok musik religi Islami. Dengan acara ini pula kita bisa bertemu dan bersilaturahmi antar kelompok peserta dari 17 Kecamatan.

Lebih lanjut Sunarto, SH, MM mengatakan bahwa saat ini Dinas Kebudayaan telah terpisah dengan Dinas Pariwisata, dengan demikian dalam upaya mengembangkan seni budaya dapat lebih fokus.

Disampaikan saat ini masih banyak kelompok seni (Hadroh, Sholawatan, Karawitan, Mocopat, dll) di wilayah Bantul yang belum mendaftar ke Dinas Kebudayaan, oleh karena itu kita himbau agar mendaftarkan/meregistrasi ke Dinas Kebudayaan Kab. Bantul. Sehingga kelompok-kelompok seni di Bantul semakin berkembang dan kiprahnya semakin terlihat.

"Saat ini baru 500 kelompok kesenian yang telah mendaftar dari 2.220 kelompok kesenian yang ada di wilayah Bantul", ungkap Sunarto, SH, MM.

Harapannya kedepan festival ini akan terus terselenggara dengan baik serta festival-festival lainnya. Dan semoga kelompok-kelompok seni di wilayah Bantul bisa terus berkiprah serta senatiasa turut melesetarikan seni budaya kita.

Sementara itu dalam pesannya, dalam festival pastinya ada yang juara dan ada yang belum juara, maka jadilah "satria" dalam festival ini.

Pada kesempatan tersebut personel Polsek Pleret melaksanakan pengamanan hingga berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:43

0 komentar:

CB