Upacara Bendera Peringatan Harkitnas Ke 109 Tingkat Kecamatan Sewon

Posted by tribratanewsbantul on 20:01

Telah berlangsung Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 109 tingkat kecamatan Sewon di SMP Negeri 2 Sewon yang beralamat di Jalan Parangtritis Km 5,7 Prancak, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Senin 22 Mei 2017.

Sebagai Ispektur upacara adalah Bantul Drs H Suharsono dihadiri oleh Camat sewon Kwintarto Heru Prabowo S.sos, Kapolsek Sewon Kompol Subadi, Wadanramil 04/Sewon Kapten Inf Wardani, kepala Puskesmas Sewon II Bapak Hadi Pranoto, S.KM., M.PH, Kepala KUA kecamatan Sewon,  Kepala UPT PPD Kecamatan Sewon, Bapak Drs. Cahyo Budi Santosa, Lurah, Pamong, Dukuh se kecamatan sewon, Kepala Sekolah SD, SMP, SMA se kecamatan dan bapak Ibu guru, staf dan karyawan SMP N 2 Sewon.

Dalam amanatnya Bupati Bantul Drs H Suharsono menyampaikan bahwa Salah satu inspirasi yang bisa kita serap dari berdirinya Boedi Utomo sebagai sebuah organisasi modern pada tahun 1908 adalah munculnya sumber daya manusia Indonesia yang terdidik, memiliki jiwa nasionalisme kebangsaan dan memiliki cita-cita mulia untuk melepaskan diri dari penjajahan. Dengan tampilnya sumber daya manusia yang unggul inilah semangat kebangsaan nasional dimulai.

Sejak diproklamirkannya kemerdekaan, kita bangsa Indonesia telah berjanji dan berketepatan hati bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini adalah harga mati yang tidak dapat ditawar-tawar lagi dalam kondisi dan keadaan apapun.

NKRI adalah negara demokrasi berlandaskan ideologi Pancasila, yang menjungjung tinggi nilai-nilai agama dan adat istiadat yang hidup di tengah masyarakat. Menjadi kewajiban seluruh komponen bangsa Indonesia secara konsisten untuk menjaga, melindungi dan memelihara tegaknya NKRI dari gangguan apapun, baik dari dalam maupun dari luar dengan cara menerapkan prinsip dan nilai-nilai nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, kita juga menghadapi permasalahan ketahanan bangsa secara kultural. Munculnya kekerasan dan pornograsi, misalnya, terutama yang terjadi pada generasi yang masih sangat belia, adalah satu dari beberapa permasalahan kultural utama bangsa ini yang akhir-akhir ini mengemuka dan memprihatinkan. Lagi-lagi, medium baru teknologi digital berperan penting dalam penyebara informasi, baik positif maupun negatif, secara cepat dan massif.

NKRI akibat terlambat mengantisipasi kecepatan dan meluasnya anasir-anasir ancaman karena tak tahu bagaimana mengambil bersikap dalam konteks dunia yang sedang berubah ini.

Oleh sebab itu saya memandang penting tema "Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri dan Berkarakter" yang diangkat untuk peringatan hari Kebangkitan Nasional tahun 2017 ini. Dengan tema ini kita ingin menunjukkan bahwa tantangan apapun yang kita hadapi saat ini harus kita jawab dengan memfokuskan diri pada kerja nyata secara mandiri dan berkarakter.

Bupati juga berpesan kepada siswa siswi untuk belajar dengan sungguh sungguh, karena masa depan bangsa Indonesia tergantung pada kwalitas generasi penerus, “mulai dari Bantul , jadilah generasi yang berakhlak mulia, cerdas, disiplin, dan berkarakter, dari Bantul tunjukan kepada seluruh bangsa Indonesia bahkan dunia bahwa Bantul memiliki generasi yang dapat di andalkan di banggakan dalam mengisi kemerdekaan Indonesia “ tegasnya

Selama kegiatan upacara berlangsung personil Polsek Sewon melaksanakan pengamanan hingga acara seelesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Sewon)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 20:01

0 komentar:

CB