Upacara Bendera Memperingati Hardiknas Tingkat Kecamatan Sanden

Posted by tribratanewsbantul on 12:23

Selasa, 2 Mei 2017 pukul 07.00 Wib, bertempat di halaman kantor Kecamatan Sanden berlangsung upacara bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017 Tingkat Kecamatan Sanden. Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Camat Sanden Drs. Fatoni. Tema Hardiknas Tahun 2017 adalah "Percepat Pendidikan Yang Merata dan Berkualitas".

Peserta dalam upacara tersebut, Danramil Sanden, Kanit Binmas Polsek Sanden Iptu Tri Haryana bersama Bripka Sulis Trianto, SH., Kepala Puskesmas bersama Kepala Dinas Instansi se-Sanden, Lurah dan Pamong Desa, Pegawai dan Karyawan Dinas Instansi, serta pelajar.

Camat Sanden selaku inspektur upacara yang membacakan Pidato Mendikbud RI antaralain mengatakan, setiap memperingati Hardiknas kita selalu ingat sosok tokoh Ki Hajar Dewantara yang mempunyai peran awal perintisan pendidikan nasional, baik gagasan, pemikiran maupun terawang masa depan.

Beberapa pandangan pemikiran Ki Hajar Dewantara diantaranya Panca Dharma, Kon-3, dan Tri-pusat Pendidikan. Tri-pusat Pendidikan bahwa pendidikan berlangsung di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat yang salinh berhubungan simbiotis tidak dapat dipisahkan.

Ki Hajar Dewantara menganukan konsep Laku-Telu yakni Ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karso, tut wuri handayani yang artinya apabila di depan memberi teladan, apabila di tengah ilham (inspirasi) dan apabila di belakang memberi dorongan.

Dalam upacara tersebut, anggota Polsek Sanden melaksanakan pengamanan. (Sihumas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:23

0 komentar:

CB