Kapolres Bantul Hadiri Pencanangan SPAM Regional Yogyakarta, Sleman dan Bantul

Posted by tribratanewsbantul on 09:02

Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi SIK MM menghadiri pencanangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Yogyakarta, Sleman dan Bantul (Kartamantul) fase 1 di Klangon, Argosari, Sedayu, Bantul, Selasa (26/9/2017).

Pencanangan dilakukan secara simbolis oleh oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dan pejabat lain yang hadir baik dari Kementerian PU dan Bupati serta Walikota/Bupati dari tiga daerah yang memanfaatkan.

Juga dilakukan penandatanganan Mou pemanfaatan SPAM Regional Kartamantul Fase 1. Selain itu dilakukan tele converence dengan warga yang sudah memanfaatkan yakni dari Bantul dan Sleman.

SPAM Regional Kartamantul menggunakan sumber air baku dari Sungai Progo, dan akan digunakan untuk masyarakat di tiga daerah, Bantul, Sleman dan Kota Yogyakarta.

Secara teknis, SPAM Regional Kartamantul direncanakan memiliki kapasitas 700 liter per detik, yang terbagi menjadi dua tahap. Tahap I sebesar 400 liter/detik yang dibagi menjadi dua fase, yaitu fase 1 sebesar 200 liter/detik dan fase 2 sebesar 200 liter/detik.

Proses pembangunan SPAM Kartamantul Tahap I, dimulai sejak tahun 2014-2015, dimana telah dibangun IPA fase 1 berkapasitas 200 liter/detik fase 1 dan sudah melayani sebanyak 9.250 sambungan rumah dari target sambungan sebesar 16.000 sambungan rumah.

Sedangkan konstruksi pembangunan IPA fase 2 sebesar 200 liter/detik, saat ini sedang dilaksanakan dengan menggunakan dana APBN, dan ditargetkan akan selesai pada tahun 2018, dan akan dapat memberikan pelayanan air minum perpipaan kepada sekitar 280.000 jiwa

Sedangkan tahap II sebesar 300 liter/detik. Dengan perkiraan biaya investasi total baik itu Tahap I dan Tahap II adalah Rp 675 miliar. (Sihumas Polsek Sedayu)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:02

0 komentar:

CB