Pentas Kesenian Merti Dusun Mangir Wonoboyo 2017

Posted by tribratanewsbantul on 02:30

Berbagai Kesenian yang dimiliki Dusun 3 Mangir (Mangir Tengah, Mangir Lor dan Mangir Kidul) dipentaskan dalam acara pentas Kesenian dalam rangka Merti Dusun Mangir Wonoboyo dengan tema "Kidung Mangir Gumregah" di Pendopo Sarianto Dusun Mangir Kidul RT 02 Sendangsari Pajangan Bantul, Jumat (22/9/2017) jam 19.30 Wib.

Hadir dalam acara ini DPRD DIY Joko Purnomo, SE, MM, Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T. , Carik Desa Sendangsari Zuhri Saren Satrio, S.Sos., Dukuh Mangir Kidul Hendri Setiawan, Dukuh Mangir Tengah Sumardi, LPMD, Ketua RT, Toga, Tomas dan warga masyarakat Mangir sejumlah ± 400 orang.

Potensi Kesenian yang ditampilkan dalam acara ini yakni, Tari, Karawitan, Wayang Tanpa Gamelan, Hadroh, Gejok Lesung, Kethoprak, Jathilan, Macopat dan lainnya.

Hendri Setiawan mewakili panitia dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Bpk. Sarianto yang pendoponya digunakan untuk pentas sini malam ini. "Acara sudah kita awali Kamis kemarin dengan kirab Budaya Mangir Wonoboyo, Umbul Dungo Pujho Basuki, Jamasan Selo Gilang dan pengajian."

"Malam ini akan ditampilkan Seni Tari, Karawitan, Macopat, Wayang Ki Dalang  Budi Prayitno Juminahanan lakon Mustikaning Warih (Banyu), Pentas Jathilan Turonggo Seto Mangir pimpinan Budi Prayitno, Gejog Lesung Swara Mangungkung, Kethoprak Gilang Mudho Budoyo pimpinan Gangsar Prakoso dan Kethoprak Yayasan Projo Tamansari Mustika Pertiwi dengan melakonkan "Damar Wulan Ngenger" bintang tamu Sarno dan Mbah Kantong serta Hadroh Madu Seno."

"Untuk esok Sabtu malam Minggu (23/9) pagelaran Wayang Kulit dengan Dalang Ki Rusmadi dengan Bintang Tamu Rini Widiastuti (Rini Angkringan dan Srundeng."

"Hari Minggu (24/9) dimulai jam 07.00 Wib akan diadakan jalan sehat dan siangnya akan kita tampilkan Reog Gagak Remang."

"Potensi seni Budaya yang dimiliki Mangir harus dilestarikan oleh generasi muda Mangir. Seni Budaya tontonan sekaligus tuntunan untuk masyarakat agar berprilaku baik", pungkasnya.

DPRD DIY Joko Purnomo, SE, MM dalam sambutannya mengatakan, "Dusun Mangir memiliki potensi seni Budaya yang tinggi dan tanpa meninggalkan nilai nilai agama maupun nilai seni.”

“Mangir memiliki sanggar seni dan Budaya yang luar biasa. Kami anggota DPRD mempunyai tanggungjawab bersama sama Pemerintah untuk memajukan Desa Sendangsari berikut potensi-potensi seni budayanya. Saya makan minum di Pajangan sehingga memiliki tanggungjawab untuk memajukan Pajangan. Semoga dengan adanya Merti Dusun ini Mangir makin maju dan sejahtera dan bisa mewujudkan visi Bupati Bantul untuk mewujudkan Bantul sehat, cerdas dan sejahtera,” pungkasnya.

Hingga selesainya acara pentas seni Budaya Merti Dusun Mangir Wonoboyo situasi kondusif aman. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 02:30

0 komentar:

CB