Ditemukan Mortir Di Dusun Banyakan Piyungan

Posted by tribratanewsbantul on 21:18

Telah ditemukan mortir di lahan milik bapak Sutarman (65 tahun) di Gempolsari, Banyakan 1 Rt 02, Sitimulyo, Piyungan Bantul, Kamis 7 Juli 2016.

Mortir tersebut ditemukan oleh Budi Susanto  (43 tahun) bersama rekanya warga setempat saat keduanya sedang jalan jalan di kebun. Sesampainya dibekas galian bakal rumah mereka melihat besi bulat yang menyembul dari permukaan tanah, setelah di angkat dan diteliti ternyata benda tersebut adalah bom mortir. Selanjutnya penemuan itu dilaporkan ke Polsek Piyungan.

Tidak lama kemudian petugas polsek Piyungan dipimpin Kapolsek Piyungan mendatangi TKP mengamankan dan memasang police line dan didatangkan tim Gegana Brimob Polda DIY dipimpin Aiptu Herwan untuk melakukan evakuasi dan penelitian lebih lanjut yang juga disaksikan oleh Kabag ops Res Bantul dan Kasat Reskrim Res Bantul.

Dari hasil pemeriksaan, Aiptu Herwan menyimpulkan bahwa mortir tersebut berukuran panjang 40 cm diameter 9 cm berat kurang lebih 5 kg dalam kondisi berkarat dan masih aktif. Diduga benda tersebut sisa peninggalan jaman perang kemerdekaan.

Selanjutnya untuk penanganan lebih lanjut mortir tersebut dibawa oleh tim Gegana Polda DIY ke Markasnya. (Sihumas Polsek Piyungan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 21:18

0 komentar:

CB