Evaluasi Giat Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Tingkat DIY 2015

Posted by tribratanewsbantul on 10:03

Selasa, 15 Desember 2015  pukul 09.00 wib bertempat di gedung pertemuan kelurahan Timbulharjo telah berlangsung Evaluasi Pelaksana terbaik giat Kesatuan Gerak PKK-KB kesehatan tingkat DIY 2015.

Adapun yang hadir dalam acara ini Ketua Tim Evaluasi Dra. Anik Yudhastawa Mangunsarkoro.M.Si, Sigit sapto raharjo Pj Bupati Bantul, Sunarto SH Asek III Kab Bantul, Kwintarto heru Prabowo Camat Sewon, ibu Fitri Ketua PKK Kecamatan Sewon, Mayor infantri Agus priyadi SE, Kompol Imam Santoso Kapolsek Sewon dan Drs Kandar Lurah Timbulharjo.

Acara di awali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya di lanjutkan Mars PKK di lanjutkan sambutan oleh Bapak Sunarto SH yang pada intinya ucapan trimakasih dan selamat datang kepada tamu undangan dan Tim Evalusai dari Propinsi

Puji dan syukur marilah senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena kita masih diberi kesempatan,  kekuatan, dan kesehatan untuk melanjutkan ibadah kita, karya kita, dan pengabdian kita kepada umat, masyarakat, serta bangsa dan negara tercinta.

Selanjutnya, saya juga mengucapkan selamat datang kepada Tim Evaluasi PKK – KB - Kes Tingkat DIY di Bumi Bantul Projotamansari, Sejahtera, Demokratis dan Agamis. Bapak/ Ibu Hadirin yang berbahagia, Berdasarkan data BPS terakhir, jumlah penduduk Bantul berjumlah 930.276 jiwa terdiri dari laki-laki 464.049 jiwa dan perempuan 466.227 jiwa. Pertambahan penduduk yang semakin pesat jika tidak diimbangi daya dukung yang berimbang, maka konsekuensinya dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan, kesehatan, sandang, pangan, dan papan akan  berimbas pada munculnya berbagai masalah sosial, seperti kemiskinan, kebodohan dan pada akhirnya akan melemahkan ketahanan Nasional.

Hadirin sekalian, Konsep pembentukan keluarga kecil sehat sejahtera, merupakan faktor dominan yang sangat menentukan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai basis ketahanan nasional. Untuk tercapainya hal tersebut, diperlukan upaya yang terus menerus dan  berkesinambungan, serta  dilaksanakan secara sinergis dan terkoordinasi dari seluruh stakeholder.

Hadirin sekalian, KB dan Kesehatan adalah ikhtiar manusia untuk meningkatkan kualitas hidup dan menjamin keberadaan manusia di muka bumi. Program ini harus terus diperjuangkan pemerintah bersama masyarakat. Program KB-Kesehatan memerlukan reorientasi dan reposisi secara menyeluruh dan terpadu, antara lain dengan semakin menjamin kualitas pelayanan yang lebih baik, serta menghargai dan melindungi hak-hak reproduksi.

Hadirin sekalian, Di Kabupaten Bantul selain percepatan program-program Keluarga Berencana yang telah dilaksanakan, Pemerintah Kabupaten Bantul mempunyai sebuah program unggulan, dimana para kader PKK sebagai garda terdepannya, yang sekaligus bertujuan untuk Pengembangan Desa Siaga di Kabupaten Bantul, yakni DB4MK (Dusun Bebas Empat Masalah Kesehatan) Plus yang diukur dari 4 dampak yaitu kematian ibu (AKI), kematian Bayi (AKB), Gizi Buruk, Demam Berdarah Dengue Plus TBC.

Apabila dusun/pedukuhan  mencapai hasil tidak ada satu-pun kasus dari 4 Masalah Kesehatan tersebut dalam kurun waktu 1 tahun, maka dusun/pedukuhan  akan mendapatkan penghargaan/ reward.

Program ini telah berhasil menggerakkan seluruh  aparat Pemerintah Kabupaten hingga ke tingkat desa dan pedukuhan  untuk terlibat dalam mengenali dan menangani permasalahan kesehatan. Program ini memberi dampak secara jelas bahwa Pemerintah Kabupaten Bantul menaruh perhatian di sektor kesehatan.

Selanjutnya sambutan oleh ketua Tim evalusai Dra. Anik yudastawa yang pada intinnya evaluasi ini bukan menentukan menang atau kalah tetapi mengedepankan pembenahan pembenahan supaya lebih baik dan lebih maju untuk ke depanya acara selanjutnya sambutan ketua PKK kelurahan Timbulharjo di lanjutkan penilaian ke dusun Balong sebagai percontohan sampai acara tersebut selesai situasi aman dan terkendali.

Selama berlangsungnya kegiatan personil Polsek Sewon melaksanakan pengamanan hingga acara berakhir dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Sewon)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:03

0 komentar:

CB