Polsek Pleret Pengamanan Puncak Perayaan WBTB DIY 2019

Posted by tribratanewsbantul on 06:45

Anggota Polsek Pleret melaksanakan pengamanan Malam Puncak Perayaan Warisan Budaya TakBenda (WBTB) DIY tahun 2019 yang digelar di Lapangan Parkir Museum Sejarah Purbakala Pleret, Pleret, Bantul pada Minggu (24/11/2019).

Hadir antara lain Penghageng Kridomardowo Kraton Yogyakarta, KPH. Notonegoro, Penghageng dari Kadipaten Puro Pakualaman Kanjeng Endro Kusuma, Staff Gubenur bidang Sosial Budaya Drs. Tri Mulyono MM, perwakilan Bupati/Walikota se-DIY, Camat Pleret Mujahid Amrudin SIP, Kapolsek Pleret AKP Riwanta, Danramil Pleret diwakili Pelda Suparna, Lurah Desa se Kecamatan Pleret dan tamu undangan serta warga masyarakat Pleret.

Dalam acara tersebut agenda utama penyerahan sertifikat WBTB Indonesia milik DIY dari Gubernur kepada Bupati/Walikota.

Acara dikemas dengan menampilkan pergelaran karya budaya yang telah ditetapkan, yaitu Beksan Golek Lambangsari oleh Kawedanan Hageng Krido Mardawa Kraton Yogyakarta, Beksan Bugis yang dibawakan oleh Kawedanan Hageng Krido Mardawa Kraton Yogyakarta diikuti oleh pemuda-pemuda Pleret sebanyak 50 orang dan Gejog Lesung oleh masyarakat Desa Pleret serta Tari Peksi Moi.

Warisan Budaya TakBenda merupakan bagian dari kekayaan budaya Yogyakarta yang syarat dengan makna dan nilai-nilai luhur. Perayaan WBTB dimaksudkan untuk memberikan sosialisasi, edukasi, peningkatan pengetahuan dan keterampilan secara luas kepada masyarakat yang berkaitan dengan Warisan Budaya Takbenda DIY, sehingga tujuan pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan warisan budaya takbenda dapat terwujud sekaligus dapat memberikan dampak peningkatan kesejahteraan pada masyarakat.

Tentu upaya-upaya untuk terus melakukan pemeliharaan dan pengembangan Warisan Budaya Takbenda yang sudah ditetapkan akan terus dilakukan dengan komitmen bersatu bersama masyarakat, menjaga, mengilhami, melestarikan, memanfaatkan dan terus mendayagunakan warisan budaya sebagai bagian upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(Humas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 06:45

0 komentar:

CB