36 Bregada Ramaikan Festival Bregada Rakyat 2016

Posted by tribratanewsbantul on 09:57

Sebanyak 36 bregada yang melibatkan 1.612 orang dari berbagai penjuru Yogyakarta, mengikuti acara Festival Bregada Rakyat 2016 yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan DIY, Minggu, 30 Oktober 2016.

Start festival bregada dimulai di halaman Masjid Agung Bantul, berjalan dan menghibur masyarakat melewati Jalan Jenderal Sudirman hingga finish di Alun-alun Paseban.

Bupati Bantul Drs H Suharsono yang hadir dalam festival bregada tersebut mengungkapkan, memang tidak mudah menjaga kesenian berbasis masyarakat. Oleh karena itu festival bregada kali ini harus bisa dijadikan momentum untuk mengajak semua lapisan masyarakat untuk peduli menumbuhkan rasa memiliki. “Festival bregada sudah dilaksanakan, tahun depan akan saya gelar festival jathilan tingkat Kabupaten Bantul,” ujarnya. 

Yang menjadi aspek penilaian dalam Festival Bregada Rakyat 2016 ini antara lain tata jalan selama diperjalanan (tata lampah), busana dan aksesoris (tata busana) serta keselarasan musik pengiring (unen-unen) . Juara 1-4 mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 8 juta, Rp 6 juta, Rp 4 juta serta Rp 2 juta.

Dalam Festival Bregada Rakyat 2016, panitia menghadirkan dewan juri GBPH Yudhaningrat, KPH Indrokusumo serta Bambang Marsantoro dari Dinas Kebudayaan DIY.

Bregada Niti Manggolo dari Gedongkiwo Yogyakarta keluar sebagai Juara 1 dalam festival bregada tahun ini.  Sementara Bregada Paksi Katon, Bregada Dandang Rekso dan Bregada Putri Condrosasi Wiratama berturut-turut menjadi juara 2, 3 dan 4 atau Juara Harapan 1. Selain uang pembinaan, masing-masing pemenang berhak atas trophi Sri Sultan HB X, KGPAA Paku Alam X, Danrem 072 Pamungkas dan Kepala Disbud DIY. 

Untuk menjaga kemanan dan ketertiban selama Festival Bregada Rakyat 2016, personel Polres Bantul yang dibantu anggota Kodim, Dishub dan Sat Pol PP Bantul diturunkan untuk melakukan pengamanan.  Dan selama kegiatan berlangsung, arus kendaraan juga dialihkan untuk sementara. (Sihumas Polsek Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:57

0 komentar:

CB