Upacara Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke 88 Di Sanden

Posted by tribratanewsbantul on 14:29

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 88 Tahun 2026 Tingkat Kecamatan Sanden dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Sanden, Jumat, 28 Oktober 2016 mulai jam 07.30 Wib.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Camat Sanden Drs. Fatoni dengan Komandan Upacara Wisnu Adi Pamungkas pelajar SMK Negeri 1 Sanden Kelas X  Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI).

Hadir dalam upacara tersebut Sekcam Sanden Rudi Suharto, Kepala Puskesmas Sanden dr. Anastasia Endar,  Kanit Binmas Polsek Sanden Iptu Tri Haryana, Kanit Sabhara Polsek Sanden Iptu Nurudin, Danposal Samas Pelda Usman, perwakilan Koramil Sanden Pelda Agung, Kepala Sekolah se-Sanden, Lurah Desa se-Sanden.

Peserta upacara terdiri dari pleton pegawai dan karyawan Dinas Instansi, Pamong desa, pelajar SMK Negeri 1 Sanden, SMA Negeri 1 Sanden, perwakilan pelajar SMP/MTs, dan SD di wikayah Sanden.

Camat Sanden Drs. Fatoni selaku Irup membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga RI antaralain mengatakan, penghargaan diberikan kepada Bung Karno Bapak Bangsa tokoh pemuda saat itu dengan kalimatnya yang terkenal yaitu "Berikan aku 1.000 orangtua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, Berikan aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia."

Data demografi Indonesia menyebutkan jumlah pemuda di Indonesia sesuai UU Nomor 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan dengan range usia antara 16-20 tahun berjumlah 61,8 juta orang, atau 24,5% dari jumlah penduduk Indonesia sebanyak 252 juta orang. (BPS 2014).

Bonus demografi menjadi windosw opportunity (peluang) yang sangat strategis bagi negara untuk melakukan percepatan pembangunan ekonomi dengan dukungan ketersediaan SDM usia produktif dalam jumlah yang signifikan. Secara rasio dapat digambarkan bahwa, setiap 100 penduduk Indonesia, terdapat 64 orang usia produktif, sisanya 46 orang adalah usia anak-anak dan lansia. Rasio usia produktif 64% sudah lebih dari cukup bagi Indonesia untuk melesat menjadi negara maju. Itu adalah rasio usia produktif terbaik Indonesia yang mulai dinikmati tahun 2020 dan berakhir tahun 2035.

Bung Karno tidak menunggu bonus demografi, untuk memberikan kehormatan yang layak bagi bangsa dan negaranya, tetapi hanya membutuhkan pemuda-pemudi unggul yang memiliki kualitas dan visi yang besar dalam menatap dunia.

Pemuda-pemudi Indonesia yang berhasil mengharumkan bangsa dikancah internasional diantaranya, Rio Haryanto (23) ke level tertinggi balap mobil internasional F.1. Tradisi emas diajang  Olimpiade Rio de Jeneiro Brasil cabang olahraga Bulutangkis oleh Owi-Butet anak muda berusia 27 dan 30 tahun.

Di industri kreatif kita juga menemukan talenta-talenta muda Indonesia yang berhasil mengharumkan negara dan bangsa di kancah internasional. Joe Taslim menggungcang panggung Hollywood melalui film fast and furious, Livi Zheng sutradara muda asal Jawa Timur yang berhadil menggungcang panggung perfilman Hollywood.

Di dunia musik ada Sandhy Sundoro, bidang start up yang omzetnya  mengundang decak kagum pebisnis online dunia, serta prestasi-prestasi pemuda Indonesia lainnya di berbagai bidang yang berhasil mengharumkan nama bangsa.

Hari ini adalah hari kebangkitan anak muda Indonesia. Dengan kemajuan teknologi, pemuda-pemuda Indonesia dari Sabang sampai Merauke terus bergerak memberikan sumbangsih pemikiran dan gagasannya untuk kesejahteraan dan kebesaran Bangsa Indonesia, terutama di mata dunia.

Dalam giat tersebut, jajaran anggota Polsek Sanden melaksanakan pengamanan. (Sihumas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:29

0 komentar:

CB