Polres Bantul Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Pilurdes Serentak Tahun 2016

Posted by tribratanewsbantul on 10:34

Kapolres Bantul AKBP Dadiyo, SIK, memimpin Apel Kesiapan Pengamanan Pilurdes Serentak Kabupaten Bantul Tahun 2016 di halaman Mapolres Bantul, Jumat, 21 Oktober 2016 pukul 08.00 Wib.

Apel diikuti oleh para Pejabat dan Perwira Polres Bantul, Kapolsek Jajaran serta seluruh anggota yang terlibat pengamanan Pilurdes.

Dalam amanatnya Kapolres Bantul mengatakan, Apel Kesiapan Pengamanan Pilurdes Serentak ini, merupakan sarana pengecekan akhir kesiapan personel yang akan melakukan pengamanan Pilurdes. Untuk diketahui, di wilayah Kabupaten Bantul sendiri, ada 22 desa yang melaksanakan Pilurdes yang tersebar di 12 kecamatan.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres meminta agar anggota tetap meningkatkan kewaspadaan pada tahap masa tenang, jangan sampai ada pelanggaran-pelanggaran yang berdampak terhadap situasi kamtibmas, seperti money politic, pengerahan massa dan lain sebagainya.

Kapolres menjelaskan, bahwa hari Minggu, tanggal 23 Oktober 2016 merupakan puncak dari pelaksanakan Pilurdes, dimana anggota akan turun ke lapangan untuk melaksanakan pengamanan TPS. Sebelum turun ke lapangan, anggota diminta melakukan orientasi terlebih dahulu wilayah tugasnya, agar mendapat gambaran dasar tentang karakter dan informasi situasinya.

Kapolres juga meminta agar anggota memahami tugas pokok, fungsi dan peran masing-masing, termasuk CB (cara bertindak) apabila terjadi sesuatu hal. Secara tegas Kapolres mengingatkan, agar anggota yang bertugas di TPS tidak meninggalkan wilayah penugasan sebelum kegiatan benar-benar berakhir serta melaporkan setiap perkembangan situasi kepada unsur pimpinan di satuan kewilayahan secara berjenjang.

“Laksanakan pengamanan hingga selesai, dari proses pemungutan, penghitungan hingga perpindahan logistik harus kita amankan,” tegasnya.

Dijelaskan Kapolres, berbagai bentuk potensi yang dapat mengundang kerawanan-kerawanan harus dapat dideteksi, diantisipasi atau ditanggulangi dengan sebaik-baiknya melalui perhitungan yang cermat, tepat dan komprehensif. “Jalin sinergitas eksternal dengan seluruh pihak yang terkait, seperti unsur Panitia 9, KPPS, TNI  serta Satgas yang ada,” himbaunya.

Diakhir amanatnya, Kapolres memerintahkan, bagi Polsek-Polsek yang tidak melaksanakan pengamanan Pilurdes, agar melaksanakan kegiatan cipta kondisi serta melakukan back up kekuatan apabila sewaktu-waktu dipelukan.

“Semoga Pilurdes Serentak Kabupaten Bantul Tahun 2016 dapat berjalan dengan aman, lancar dan tertib sebagaimana yang kita harapkan bersama,” pungkasnya. (Bag Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:34

0 komentar:

CB