Pembakaran Warung Mie Di Dlingo, Polisi Berhasil Kendalikan Situasi

Posted by tribratanewsbantul on 11:22

Sebuah warung mie ayam di Dusun Dodogan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Bantul ludes dibakar massa, Minggu, 23 Oktober 2016. Selain itu, sebuah angkringan yang keberadaannya tak jauh dari warung tersebut juga dirusak massa. Diduga kuat kejadian tersebut, terkait hasil Pilurdes Jatimulyo.

Kabag Ops Polres Bantul, Kompol Dhanang Bagus Anggoro, SH, SIK mengungkapkan, pembakaran warung terjadi sekitar pukul 15.00 WIB sesaat setelah penghitungan suara Pilurdes Jatimulyo selesai. “Tidak ada korban jiwa dalam  kejadian itu, meski disekitar lokasi  situasinya sempat mengusik warga sekitar,” terangnya.

Polisi bersama anggota TNI yang berada dilokasi berhasil mengendalikan keadaan sehingga kejadian tidak sempat meluas. Bahkan Kapolres Bantul AKBP Dadiyo, SIK dan unsur Pejabat Polda DIY langsung ke TKP begitu mendapat laporan.

Kabag Ops menegaskan, Polres Bantul sudah berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan pengamanan mencegah terjadinya kericuhan terkait pelaksanaan Pilurdes serentak. Diantaranya dengan melakukan pengamanan secara terbuka maupun tertutup terhadap kegiatan pemungutan suara, penghitungan sampai dengan pelantikan maupun melakukan patroli serta sambang ke tokoh agama dan masyarakat guna mencegah timbulnya kerawanan Kamtibmas yang disebabkan suhu politik saat pilurdes berlangsung.

Selain itu kami juga melakukan deteksi dini terhadap kisaran suara serta melakukan pendekatan pasca selesai pelaksanaan pemilihan khususnya di kalangan para pendukung pemenang dan yang kalah sehingga dapat selalu terdeteksi setiap kegiatan yang dilakukan guna antisipasi kemungkinan kerawanan Kamtibmas yang akan terjadi.

Namun demikian tetap saja kalau para pendukung salah satu calon tidak mau mentaati aturan yang ada dan kurang kepeduliannya warga dalam kerjasama menjaga keamanan maka kamtibmas akan sulit terwujud sesuai harapan mengingat jumlah polisi yang terbatas. “Seperti kejadian ini, pembakaran terjadi sesaat setelah petugas patroli melintasi lokasi tersebut,” ujarnya.

Dijelaskan Kabag Ops, terkait kejadian tersebut polisi telah memeriksa sejumlah saksi untuk dimintai keterangan. Mantan Kasat Reskrim Polres Sleman ini juga menambahkan, kejadian tersebut merupakan dinamika di lapangan yang sangat fluktuatif, sehingga susah ditebak. “Yang penting kita langsung bisa kendalikan keadaan,” jelasnya.

Untuk diketahui Pilurdes Jatimulyo diikuti oleh 5 calon, yakni Puryatno, Winardi, Gunarto, Sukiyono Bayu Nugroho dan Triman. Setelah dilakukan penghitungan suara, calon lurah atas nama Gunarto memperoleh suara tertinggi, yakni 1.269 suara. Sementara Puryatno yang berada diposisi kedua, meraih 1.227 suara, selisih 42 suara saja dengan suara yang diperoleh oleh Gunarto. (Baghumas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:22

0 komentar:

CB