Karo SDM Polda DIY, Meruntuhkan Kepercayaan Masyarakat Lebih Mudah Dari Pada Menjaganya

Posted by tribratanewsbantul on 13:03

Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri, di wilayah Yogyakarta akhir-akhir ini dinilai meningkat. Peningkatan kepercayaan ini, dapat dikatakan sebagai efek positif dari berbagai terobosan-terobosan kreatif yang dibuat oleh anggota saat melaksanakan tugas di lapangan.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Bantul Bripka Winardi yang dikenal peduli dengan warga binaannya. Tak pelak, yang bersangkutanpun mendapat apresiasi dari pimpinan berupa penghargaan dari Kapolda DIY.

Hal tersebut disampaikan oleh Karo SDM Polda DIY, Kombes Pol Rinto Djatmono, SIK, MH saat mengambil apel pagi di Polres Bantul, Senin, 03 Oktober 2016. Apel pagi sendiri diikuti oleh para Pejabat di lingkungan Polres Bantul, Kapolsek dan Perwira jajaran, seluruh Anggota dan PNS Polres Bantul serta para Bhabinkamtibmas.

Lebih lanjut Karo SDM mengatakan, pemberian penghargaan kepada anggota yang dinilai berprestasi tersebut, jangan lantas dianggap sebagai upaya untuk mencari muka, justru hal ini patut untuk ditiru dan dijadikan sebagai motivasi.

Karo SDM juga menambahkan, menurutnya lebih mudah meruntuhkan kepercayaan masyarakat yang terbangun dari pada menjaganya. Oleh karena itu, kepercayaan masyarakat yang sudah terbangun ini, hendaknya tidak dirusak dengan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh anggota. “Karena satu anggota yang berbuat salah, satu institusi yang harus menanggungnya,” ujarnya.

Menurut mantan Kapolres Nabire Polda Papua ini, dengan tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran yang dapat menurunkan citra Kepolisian, hal tersebut merupakan salah satu wujud bagi seorang anggota Polri dalam mencintai institusinya.

Dalam kesempatan tersebut, Karo SDM juga menginformasikan tentang penerimaan SAG TA 2016. Karo SDM memerintahkan, bagi seluruh personel Polres Bantul yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi tersebut.

Dijelaskan Karo SDM, apabila animo yang mendaftarkan SAG sedikit, maka kuota untuk Polda DIY juga sedikit. “Apabila animo yang mendaftar tinggi, Biro SDM Polda DIY akan memperjuangkan, agar kuota bagi Polda DIY bisa ditambah,” jelas perwira tiga melati ini.

Selain SAG, Karo SDM juga menginformasikan bahwa dalam waktu dekat juga akan ada penerimaan PNS Polri di bidang kesehatan. Namun untuk informasi lebih lanjut, masih menunggu dari Mabes Polri.

Diakhir arahannya, Karo SDM juga menyinggung masalah pelaksanaan Pilkada di wilayah Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulonprogo pada 2017 mendatang. Perwira lulusan Akpol 1991 ini memerintahkan, Bantul sebagai penyangga kedua wilayah tersebut, untuk turut serta mempersiapkan diri dan meningkatkan kewaspadaan.

“Apabila sewaktu-waktu diminta untuk mem-back up pengamanan, Polres Bantul harus siap. Jangan sampai kita menyepelekan situasi yang adem ayem, namun kita harus terus-menerus meningkatkan kewaspadaan,” pungkasnya. (Bag Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:03

0 komentar:

CB