Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Bepergian Lama

Posted by tribratanewsbantul on 12:41

Anda sering meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama? Kalau iya, sebaiknya Anda membaca tips berikut ini. Yakni tips aman meninggalkan rumah saat bepergian lama...
Tips aman meninggalkan rumah :

Kunci Semua Pi ntu Rumah
Sebelum bepergian, pastikan semua pintu rumah Anda terkunci dengan baik dan aman. Mulai dari pintu kamar, dapur, teras, dan yang terpenting pintu depan atau pagar.

Menyalakan Lampu Dalam Rumah
Agar rumah tidak kelihatan kosong saat malam hari, usahakan untuk menyalakan lampu di beberapa bagian dalam rumah, seperti di kamar, atau di ruang tamu. Carilah perangkat listrik yang bisa menyalakan lampu saat malam hari.

Mencabut Peralatan Listrik dan Gas
Untuk mencegah terjadinya kebakaran dan menghemat listrik, matikan dan cabut colokan berbagai alat elektronik yang tidak digunakan, dan juga jangan lupa mencabut selang gas dari kompor saat sebelum meninggalkan rumah untuk bepergian.

Memasang Alarm dan Kamera Pengawas (CCTV)
“Untuk Anda yang mampu, usahakan untuk memasang alarm untuk mencegah masuknya penjahat ke rumah atau memasang kamera pengawas (CCTV) di titik tertentu dalam rumah, seperti kamar tidur, ruang keluarga atau depan rumah.

Menyalakan radio atau televisi dengan pengatur waktu.
Trik yang sama juga dapat dilakukan seperti menyalakan radio atau televisi yang sudah disetel pada waktu tertentu bisa menyala di waktu yang sudah kita tentukan sebelumnya. Kondisi rumah yang seperti ini saat siang ataupun malam hari menandakan kalau ada penghuninya.

Memutus jaringan telpon rumah sementar
Trik seperti ini sangat jitu, karena para pencuri selain mengamati rumah yang ada maupun tidak ada penghuninya dengan cara menelpon rumah yang menjadi target. Setel ulang layanan telpon rumah anda ke Telkom terdekat.

Titipkan Rumah ke Tetangga atau Pengurus RT/RW
Sebelum meninggalkan rumah, sebaiknya titipkan rumah ke tetangga Anda ( yang dapat dipercaya ) atau ke pengurus RT/RW. Usahakan juga bertukar nomor telepon dengan tetangga terdekat dan pengurus RT/RW agar bisa tetap berkomunikasi dan menanyakan keadaan rumah Anda.

Memberikan Tips ke Petugas Keamanan
Agar rumah lebih aman saat ditinggal bepergian, selain menitipkan kepada tetangga atau pengurus RT, memberi uang tips kepada petugas keamanan “Satpam/Hansip di lingkungan perumahan agar ‘lebih’ mengawasi rumah Anda.

Menggunakan Jasa Keamanan Rumah
Biasanya banyak perusahaan penyedia jasa keamanan yang menawarkan tenaga pengamanan untuk ditugaskan menjaga khusus rumah atau ruko. Jadi, rumah Anda akan lebih aman karena ada yang mengawasi.

Semoga tips aman meninggalkan rumah saat bepergian di atas dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda..


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:41

0 komentar:

CB