Penutupan Festival Ketoprak Antar Kecamatan Se Kabupaten Bantul

Posted by tribratanewsbantul on 22:20

Panitia Penyelenggaran Festival Kesenian Kethoprak antar kecamatan se-kabupaten Bantul tahun 2016 menggelar akhir pertunjukanya di Pendopo kecamatan Pandak Bantul menampilkan kelompok kesenian Kethoprak dari Forum Kesenian Kethoprak Bantul (FKKB) wilayah kecamatan Pandak pimpinan Bpk. Supriyanto, SE, Sabtu malam tanggal 1 Oktober 2016.

Acara tersebut dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Pemda Bantul Sunarto, SH,MM, Wakil dari Disbudpar kabupaten Bantul bidang budaya Dodik Kuswardono, S Sos, Ketua Forum Kesenian Kethoprak Bantul (FKKB), Muspika Pandak Camat, Danramil dan Kapolsek Pandak diwakili oleh Kanit Binmas Iptu Subiyantoro, Para Babinkamtibmas, serta Perwakilan dari FKKB wilayah di 17 kecamatan dan disaksikan oleh warga sekitar.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul (Disbudpar)  bekerja sama dengan Forum Kesenian Kethoprak Bantul (FKKB) dengan maksud dan tujuan untuk melestarikan kesenian ketoprak sekaligus memberi wadah bagi para pelaku seni ketoprak di daerah dalam mengeksplor dan menggalai potensi yang dimilikinya, kemudian diharapkan mampu menumbuhkan rasa cinta pada kesenian ini makin tumbuh di masyarakat serta memunculkan  bibit – bibit muda sebagai penerus di dunia perkethoprakan khususnya di kabupatan Bantul.

Pada perlombaan ini pihak Panitia telah menetapkan cerita berbasis historis di wilayah Bantul ( kerajaan Pleret ) dengan lakon Sukro-Sutikno berdurasi panggung selama 60 menit, kemudian Pihak Penyaji Cerita atau Sutradara diberi kebebasan dalam mengolah ( menambah atau mengurangi ) Naskah cerita, Adegan maupun Kostum.

Kemudian aspek penilaian meliputi Penyutradaraan, Acting, Kostum, Pengiring / irama    ( efek music dan Keprak / pemukul kentongan ). Demikian penjelasan Dewan Juri yang terdiri dari Drs. Suharyoso MHum,  Dra. Kinting Handoko MSn, Totok Suryo Gupito SPd, Murjono, dan Slamet HS.

Berikut hasil keputusan Dewan Juri Festival Kethoprak kali ini dan telah menetapkan sebagai Juara Pertama adalah FKKB kec. Bantul, kedua FKKB kec. Kasihan dan Juara ketiga FKKB kec. Sewon, masing-masing berhak mendapatkan Tropi Piala dan hadiah berupa uang pebinaan yang diserahkan langsung oleh Bpk Sunarto, SH,MM sekaligus menutup acara ini.

Kemudian Dewan Juri juga menetapkan : Sutradara terbaik dari FKKB kec. Bantul, Pemeran Pria terbaik dari FKKB kec. Bantul, Pemeran Wanita terbaik dari FKKB kec. Kasihan, Peran Pembantu Pria terbaik dari FKKB kec.Srandakan, Peran pembantu wanita terbaik dari FKKB kec.Bambanglipuro, Kostum terbaik dari FKKB kec. Sewon, Penata Iringan terbaik dari FKKB kec. Dlingo dan Keprak / pemukul kentongan terbaik dari FKKB kec. Pandak.

Demikian acara hingga selesai pada pukul 24.00 Wib terdapat dalam situasi aman serta mendapatkan pengamanan petugas dari Polsek dan Koramil Pandak. (Sihumas Polsek Pandak melaporkan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 22:20

0 komentar:

CB