Kirab Budaya Dumadine Dusun Patihan

Posted by tribratanewsbantul on 19:42

Telah berlangsung giat Kirab Budaya warga Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul dalam rangka Dumadine Dusun Patihan., Minggu, 02 Oktober 2016 pukul 10.00 Wib.

Hadir dalam kirab budaya tersebut Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, Kapolsek Sanden AKP Riwanta, Camat Sanden Drs. Fathoni, Pj. Lurah desa Gadingsari Mulyadi SIP, dan warga masyarakat yang menonton lebih dari 1000 orang.

Route Kirab Budaya start dari rumah Kepala Dukuh Patihan Gadingsari - Pertigaan kuburan duwur - TPR Goa Cemara - Finish di obyek wisata pantai Goa Cemara.

Sesampainya di areal obyek wisata pantai Goa Cemara peserta kirab melakukan teatrikal. Kemudian sesaji berupa gunungan dan kepala kambing diletakkan dipendopo goa cemara untuk dilakukan prosesi doa. Selesai di doakan, gunungan langsung dilarung ke pantai.

Camat Sanden mengatakan bahwa Kirab Budaya dalam rangka Dumadine Dusun Patihan tahun ini adalah penyelengaraan yang ke 3 yang merupakan wujud syukur warga Patihan atas rejeki yang diberikan oleh Tuhan.sesuai arahan Bupati yaitu makaryo mbangun deso telah dilaksanakan di Dusun Patihan, ujar Camat.

Bupati Bantul Drs. H. Suharsono yang hadir dalam kegiatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada warga Patihan yang telah melestarikan budaya leluhur. Semoga dengan kirab budaya  dapat bermanfaat dalam meningkatkan animo masyarakat dalam kunjungan ke pantai Goa Cemara, harap Bupati Bantul. drs. h. Suharsono berpesan agar udaya leluhur harus selalu dijaga dan dilestarikan agar tidak punah.

Terimakasih kepada generasi muda yang telah ikut berpartisipasi melestarikan budaya leluhur sehingga diharapkan menjadi generasi penerus bangsa yang tidak lupa akan adat budayanya, tambah Bupati Bantul.

Lebih lanjut Bupati Bantul mengatakan bahwa saat ini arus globalisasi sudah masuk. Peran budaya adalah sebagai penyaring, sehingga budaya dapat menjadi perisai masuknya budaya yang tidak sesuai dengan budaya timur.

Selama giat Kirab budaya berlangsung jajaran anggota Polsek Sanden melaksanakan pengamanan hingga kegiatan berakhir dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 19:42

0 komentar:

CB