Kirab Budaya sambut Tahun Baru Islam Di Canden Jetis Bantul

Posted by tribratanewsbantul on 09:53

Pagi ini, Sabtu 1 Oktober 2016, segenap masyarakat Wonolopo Canden Jetis Bantul melaksanakan kirab budaya dalam rangka merti dusun, serta menyambut tahun baru Islam 1 muharam 1438 H.

Ketua Panitia Merti dusun  bapak Rohgianto Kepala Dukuh Wonolpo Canden menyampaikan kepada Humas Polsek Jetis bahwa "kirab budaya ini diikuti oleh sekitar 300 orang warga dengan acara kirab Budaya dengan Route berangkat dari pondok pesantren Ar- Ridho dengan mengelilingi jalan kampung di pedukuhan Wonolopo, dengan mengirab gunungan hasil bumi dan berbagai makanan tradisional yang dibuat dari masing masing Rt di pedukuhan Wonolopo dan kembali ketempat semula".

Nampak hadir dalam kirab budaya tersebut  Wakil Bupati Bantul Npk H. Abdul halim muslih Sag, Kadinas Pariwisata kab Bantul bapak Bambang  Legowo, Muspika kec Jetis, lurah desa Canden dan para tamu undangan.

Wakil Bupati Bantul bapak Halim Muslih, Sag dalam sambutanya menyampaikan sebagai berikut "atas nama pemerintah Kab. Bantul mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada masyarakat dusun Wonolopo atas di selenggarakannya rangkaian acara kirab budaya, peringatan haul Raden Nolodipo, Haul Ny Siti Jariyah, dan peresmian makam Raden Nolodipo. Semoga apa yang telah di laksanakan segenap masyarakt Wonolopo dusun Canden termasuk amal ibadah yang di catat oleh Allah SWT.

Sebelumnya kirab budaya dimuali diserahkan panji panji oleh dukuh Wonolopo antara lain Bendera merah putih yang bermakna cinta kepada tanah air, bendera NU, bahwa NU adalah warisan dari ulama terdahulu yang secara langsung menyumbangkan peran serta dalam pembangunan negara dalam bidang agama yang telah medidik akhlak generasi  muda penerus bangsa, bendera mataram merupakan simbul budaya dan tradisi  masyarakat jawa yang telah diisi dengan agama seihingga budaya jawa tidak mudah terkontaminasi oleh budaya luar yang tidak sesuai dengan syareat agama.

Acara dilanjutkan dengan peresmian renovasi makam Raden Nolodipo oleh wakil Bupati Bantul, kemudian acara diisi dengan semakan Al Quran dan pengajian akbar.

Di hari yang sama, di pedukuhan Panjang jiwo Patalan Jetis Bantul juga telah berlangsung kirab gelar budaya berupa gunungan hasil bumi dan kesenian Reog dalam rangka menyambut tahun baru islam 1 Muharam 1438 H dengan penanggung jawab kegiatan bapak Kasihana.

Adapun kirab start dari sanggar Joglo kembar ke barat melintasi jalan pinggir dusun  Panjangjiwo belok keselatan sampai jln aspal dusun Gerselo kemudian belok timur sampai jl Parangtritis kembali di tempat semula.

Seluruh rangkaian kegiatan ini mendapat pengawalan dan pengamanan dari personil Polsek Jetis. (Sihumas Polsek Jetis)



Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:53

0 komentar:

CB