Upacara Adat "Jumuduling Maheso Suro" Di Sanden

Posted by tribratanewsbantul on 09:33

Sabtu tanggal 1 Oktober 2016 jam 20.00 Wib di pantai Samas Srigading, Sanden berlangsung upacara adat "Jumuduling Maheso Suro".

Kegiatan  dilaksanakan oleh masyarakat Dusun Tegalrejo Tegalsari Srigading, Sanden, Bantul dalam rangka menyambut tahun baru 1 Suro. Acara diawali dengan kirab budaya dari rumah Kadus Tegalrejo bapak Junarto menuju pantai Samas dengan pengawalan dari personil Polsek Sanden. Kirab mengarak jodang sesaji dan gunungan hasil bumi, alat kesenian dan replika hewan kerbau.

Sesampainya di Samas langsung melaksanakan upacara adat "Jumuduling Maheso Suro" diawali dengan doa yang dipimpin bapak Narto kaum rois Tegalsari. Dalam upacara, muncul seekor Maheso Suro dari arah pantai selatan kemudian beramai-ramai ditangkap warga. Setelah tertangkap, Maheso Suro diarak menunu Laguna Pengklik. Di Pengklik dilaksanakan pentas Sendra Tari Maheso Suro.

Lurah Desa Srigading, Wahyu Widodo, SE mengatakan, upacara "Jumuduling Maheso Suro" dilaksanakan warga masyarakat pedukuhan Tegalrejo Tegalsari dalam rangka menyambut tahun baru 1 suro. Kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap tahun dengan tujuan untuk melestarikan budaya.

Lebih lanjut Wahyu Widodo, SE menjelaskan, menurut cerita jaman dahulu di wilayah Srigading sedang masa paceklik. Tiba-tiba datang seekor Maheso Suro atau kerbau dari arah pantai selatan. Kemudian hewan tersebut secara beramai-ramai ditangkap warga yang dipimpin seorang Bekel/keamanan. Di kemudian hari kerbau tersebut digunakan warga sebagai alat membajak sawah yang menjadikan hasil pertanian warga melimpah sehingga kehidupan warga masyarakat menjadi sejahtera, papar Lurah Srigading.

Guna menjaga keamanan dan kelancaran kegiatan, anggota Polsek Sanden melaksanakan pengamanan hingga berakhirnya acara. (Sihumas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:33

0 komentar:

CB