Lambung Adalah Rumah Penyakit Dan Puasa Adalah Pangkal Segala Obat

Posted by tribratanewsbantul on 11:56

Jum’at, 2 Juni 2017 pukul 08.00 Wib bertempat di Masjid Al-Huda komplek Balai desa Gilangharjo Pandak Bantul telah berlangsung Pengajian bulan suci Ramadhan 1438 H bersama Muspika Pandak.

Sebagai pembicara yaitu Dr. H. Attobari, MPH dari RSUD Panembahan Senopati Bantul  dengan tema Hikmah Puasa Bagi Kesehatan. Hadir dalam pengajian tersebut Muspika Pandak Camat Dra, Sri Khayatun, Kapolsek AKP S. Parmin, Danramil Pandak Kapten Inf. Sukarno, Staf Kecamatan, anggota TNI / Polri, Instansi UPT wilayah Pandak, Para  Kades, Kadus, Pamong desa Gilangharjo Pandak serta tamu undangan lainya sekitar 125 hadirin.

Dalam tausyiahnya Dr. H. Attobari, MPH menjelaskan bahwa Perintah Puasa Wajib di bulan Ramadhan bagi kaum Muslim tertuang dalam QS. Al-Baqoroh : 183

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”.

Puasa memang memberikan rasa lapar dan haus yang berakibat melemahkan tubuh namun akan menormalkan fungsi jantung, mengistirahatkan hati, membakar lemak dibawah kulit, memfungsikan cadangan protein, merangsang hormon, mengistirahatkan organ pencernaan, mengobati penyakit, menghilangkan endapan racun di dalam tubuh, menyehatkan fungsi ginjal, mencerdaskan otak, dll

Di kisahkan pula Seorang dokter pada zaman Rasul yang bernama Haris bin Kaldah mengatakan Lambung adalah rumah penyakit dan Puasa adalah pangkal segala obat, oleh karena itu orang Islam Hidup bukan untuk makan dan juga makan bukan untuk hidup melainkan hidup dan makan semata – mata untuk pengabdian terhadap Alloh SWT.

Diakhir tausyiahnya beliau juga menganjurkan pada seluruh hadirin, berdasarkan ilmu kesehatan terutama lambung agar :
1. Memulakan Berbuka Puasa dengan yang menghasilkan energi instant yaitu yang manis,
2. Memberi kesempatan kepada lambung untuk menyesuaikan proses pencernaan, oleh karena itu jangan makan berlebihan saat Berbuka Puasa,
3. Menghindari makanan yang dingin, asam, pedas dan bersantan karena dapat merangsang asam lambung keluar lebih banyak,
4. Memperbanyak makanan yang mengandung serat tinggi,
5. Mengurangi makanan yang mengandung lemak supaya deposit lemak yang tersedia dapat dipecah dan Jangan makan berlebihan yang melebihi 1/3 bagian untuk makanan.

Demikian acara selesai hingga pukul 09.30 Wib dalam situasi aman terkendali. (Sihumas Polsek Pandak)   


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:56

0 komentar:

CB