Pengamanan Malam 1 Suro 1950

Posted by tribratanewsbantul on 21:51

Personil Polres Bantul melaksanakan apel kesiapan pengamanan malam 1 Suro 1950 (tahun baru Jawa) di halaman Mapolres Bantul, Sabtu, 01 Oktober 2016 jam 19.00 Wib.

Apel kesiapan ini dipimpin Kompol Dhanang Bagus Anggoro, SH, SIK dan dihadiri oleh, Para Kabag, Kasat, Perwira dan para Kapolsek jajaran Polres Bantul.

Budaya dan tradisi masyarakat di wilayah Propinsi D.I. Yogyakarta pada umumnya dan masyarakat Bantul pada khususnya dalam menyambut datangnya 1 Suro dengan melakukan acara Ibadah dan ritual di tempat - tempat tertentu seperti Makam para Raja Mataram di Imogiri, Pantai Parangtritis dan tempat lain yang dianggap keramat di wilayah Kabupaten Bantul. Hal ini menjadikan konsentrasi pergerakan massa yang berdatangan ke wilayah Bantul untuk mengikuti kegiatan dalam menyambut datangnya 1 Suro.

Kegiatan tersebut akan mempengaruhi dan meningkatnya mobilitas manusia dengan menggunakan berbagai sarana angkutan, terutama menjelang, pada saat dan setelah 1 Suro. Situasi seperti ini merupakan faktor yang dapat  menimbulkan terjadinya gangguan kamtibmas.

Oleh karena itu dalam arahanya, Kabag Ops memerintahkan kepada para perwira untuk melakukan razia Miras maupun penyakit masyarakat pada malam itu juga untuk mengantisipasi hal hal yang tidak kita inginkan pada malam perayaan 1 Suro 1950 seperti pesta miras, tawuran dan lain lainya. Sehingga jalanya perayaan malam 1 Suro tercipta keamanan dan kenyamanan di masyarakat.

Setiap anggota yang melaksanakan pengamanan agar melengkapi dirinya dengan persenjataan, lampu senter, memakai rompi dan agar meningkatkan kewaspadaan / jaga diri serta bertindak sesuai prosedur. Karena tugas ini sangat berat maka personil harus jaga kesehatan dan laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab.

Setelah arahan selesai dilanjutkan pembagaian tugas serta pergeseran pasukan ke tempat tugas masing masing seperti dipenggal penggal jalan, tempat tempat yang dijadikan pusat kegiatan msyarakat, tempat tempat rawan kejahatan dan lain lain. (Bag Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 21:51

0 komentar:

CB