Laporan Tahunan Dan Pidato Rektor UMY Dalam Rangka Milad Ke 35

Posted by tribratanewsbantul on 12:23

Selasa, 22 Maret 2016 pukul 09.20 Wib bertempat di Gedung Ar Fachruddin Kampus UMY jalan Ringroad Barat, Tamantirto, Kasihan, Bantul telah dilaksanakan Rapat Senat Terbuka Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan agenda Laporan Tahunan Rektor dan Pidato Milad oleh Sekretaris Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd.

Kegiatan dengan Ketua Umum Slamet Riyadi, ST, M.Sc, Ph.D tersebut dilaksanakan dalam rangka Milad UMY ke 35 dengan tema "Tantangan Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Daya Saing Global".

Kegiatan dihadiri oleh Sekretaris Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd, Ketua PP. Muhammadiyah Prof. Dr. Yunahar Ilyas, Koordinator Kopertis Wilayah V Yogyakarta Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES., DEA, Ketua Badan Pembina Harian UMY Drs. H. A. Rosyad Sholeh, Ketua Senat UMY Prof. Dr. H. Moch. Anwar, Rektor UMY Prof. Dr. H. Bambang Cipto, MA, Perwakilan dari Polda DIY AKBP Suswanto, S.IK, M.Si (Wadir Intelkam), Forkominda DIY, Dandim 0729 Bantul Letkol Inf. Agus Widianto, Letkol Adm. Sunu Sugestino, S.Sos dari AAU, Letkol Sus. Palupi Rahayu dari Lanud Adisucipto, Kasat Intelkan Polres Bantul AKP Bayu Dewasto, S.IK, Perwakilan dari Lanal DIY, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan se DIY, Muspika Kec. Kasihan dan tamu undangan sekitar 200 orang.Koordinator KOPERTIS Wilayah V, Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES, DEA, , hal tersebut disampaikan pada acara Laporan tahunan dan Milad UMY ke 35 di gedung Ar Fachrudin, Selasa, 22 Maret 2016 pukul 09.00 Wib.

Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES, DEA dalam sambutanya menyampaikan konstribusi perguruan tinggi dalam menghasilkan mahasiswa yang berkualitas, tentu akan membantu menghadapi globalisasi dan perkembangan sains dan teknologi sebagai tantangan abad saat ini. Perguruan tinggi, sangat ditekankan untuk tidak hanya meningkatkan rasio mahasiswa serta memperhitungkan jumlah rasio dosen, namun juga diharapkan perguruan tinggi dapat selalu berkonstribusi mengembangkan ide, kecerdasan bangsa, serta menghasilkan lulusan yang diperlukan di jaman sekarang.

Hal senada juga disampaikan oleh Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd, selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI mewakili Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, Prof. Dr. Muhammad Nasir. Dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi sangat diperlukan untuk menjawab tantangan di era persaingan global seperti salah satunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Pendidikan menjadi semakin penting karena pada abad ke 21 ini banyak terjadi perubahan di dunia yang saling berkaitan, yaitu Globalisasi dan Perkembangan Sains dan Teknologi. Di zaman millenia baru ini, penciptaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, sains dan teknologi secara kreatif serta inofatif  yang menjadi dasar bagi terbentuknya suatu paradigma ekonomi baru, yang disebut sebagai knowledge based economy.

Dalam Laporan Tahunan Rektor UMY oleh Prof. Dr. Bambang Cipto, MA menyampaikan Tema Milad UMY tahun ini mengusung tema "Shining Beyond Borders " atau Bersinar Menembus Batas yang memiliki arti bahwa UMY dengan simbol matahari bersinar mampu menembus batas & menyinari dunia dimana hal ini selaras dengan Rencana Strategis UMY Tahun 2016 - 2020 bahwa UMY siap untuk melaksanakan program internasionalisasi sesuai dengan program jangka panjang UMY untuk menjadi World Class University.

Sebagai wujud nyata kesiapan dalam menghadapi tantangan global, UMY telah mendapatkan pengakuan berupa akreditasi internasional dimana pada tanggal 17 Desember 2015 UMY telah berhasil meraih bintang 5 untuk akreditasi internasional QS pada bidang fasilitas, tanggung jawab sosial, dan inklusivitas

Perjalanan UMY sebagai pusat pendidikan dimulai sejak 35 tahun yang lalu dengan modal awal berupa 4 fakultas & seiring perkembangan saat ini UMY tumbuh pesat dengan memiliki 8 fakultas, Program Vokasi, & Pasca Sarjana dengan jumlah 35 program studi dengan perincian 23 prodi S1, 3 prodi D3, 7 prodi S2 & 2 prodi S3.

Pencapaian akademik & pengembangan kurikulum yang telah dilakukan UMY juga menuntut ketersediaan SDM yang mumpuni & sarpras pendukung yang memadai. Dalam bidang SDM hingga saat ini UMY memiliki sebanyak 590 orang dosen terdiri dari 115 dosen bergelar Doktor, 246 orang bergelar Master, 13 orang bergelar dokter spesialis.

Peningkatan kualitas & daya saing UMY di kancah global menjadi salah satu faktor yang mendorong meningkatnya jumlah pendaftar & mahasiswa baru dimana pada periode tahun akademik 2015 / 2016 sebanyak 38.296 calon mahasiswa mendaftarkan diri & yang dinyatakan lolos seleksi & diterima sebagai mahasiswa sebanyak 5.149 orang.

Beberapa prestasi yang dicatatkan mahasiswa UMY di lebel Nasional & Internasional diantaranya Juara 1 ASEAN Design Competition 2015, Tim ICC FH UMY terpilih mewakili Indonesia dalam rangka Brown Mosten International Client Consultation Competition di University of Nebraska & delegasi HI UMY berhasil meraih penghargaan terbaik pada kategori Social Venture Chalangge (SVC) Resolution Project dalam 24th Harvard World Model United Nastion (WMUN) 2015 di Korsel.

Komitmen UMY menghadapi tantangan di era globalisasi & pasar bebas diimplementasikan melalui pelaksanaan Catur Darma Perguruan Tinggi yaitu selain menjadi pusat pendidikan, penelitian & pengabdian pada masyarakat, UMY juga harus menjadi pusat pembinaan karakter khususnya generasi muda. Melalui pendidikan & pengajaran didalamnya UMY bertekad melahirkan generasi muda calon pemimpin bangsa yang memiliki integritas kepribadian & moralitas yang Islami dalam konteks kehidupan individu & sosial.

Pidato Milad UMY ke 35 oleh Sekretaris Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd menyampaikan atas nama Kementerian menyampaikan ucapan selamat dan apreasi yang tinggi kepada UMY atas peran dalam Pembangunan Nasional.

Tema yang diambil sangat relevan terhadap tantangan Perguruan Tinggi dalam meningkatkan data saing global yaitu menyadari daya saing internasional yang mampu berkembang yaitu mampu beradaptasi dengan telah adanya MEA sebagai konsekuensi logis arus bebas tenaga kerja, investasi dan jasa.
Potensi unggulan bangsa Indonesia memiliki demokrasi dengan populasi yang sangat banyak penduduk usia produktif dan harus dimanfaatkan guna kemajuan bangsa guna meningkatkan daya saing bangsa.

Indek pembangunan manusia Indonesai 0.84 dibawah rata2 dunia dan dibawah 4 negara ASEAN yaitu Singapura, Brunei, Malaysia danthailand, sebagai negara ekonomi terbesar Indonesia tentang tenaga terampil pada Agustus 2015 tenaga kerja Indonesia yang memiliki kualifikasi tinggi hanya 11 %.

Pendidikan menjadi hal penting karena banyak perubahan dunia yang saling berkaitan yaitu globalisasi dan saint dan teknologi secara kreatif menjadi dasar terbentuknya paradigma ekonomi baru.

Visi Pembangunan Nasional dengan Nawacita yaitu peningkatan produktifitas daya saing bangsa ditingkat internasional melalui peningkatan ilmu di Pendidikan Tinggi.

Universitas diharapkan selalu berkontribusi dan pemikiran kepada masyarakat, industri dan pemerintah melalui ekonomi dan perkembangan masyarakat madani dengan sinergi yang kuat dengan universitas lain yang ada.

Masalah kesejahteraan, korupsi dan toleransi yang rendah perlu diberikan perhatian yang besar melalui pendidikan bahwa tindakan yang dilakukan akan berdampak besar kepada masyarakat.

Berharap UMY dapat selalu menjadi center of action menjadi Universitas yang unggul dengan nilai - nilai Islam dan mampu menumbuhkembangkan sinergitas masyarakat dan mengembangkan serta membentuk SDM yang mampu beradaptasi pada perubahan global.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata oleh Rektor UMY Prof. Dr. H. Bambang Cipto, MA dan penyerahan Penghargaan antara lain :

Penghargaan kepada Dosen Berprestasi kepada Dr. dr. Titi Hidayatim, M.Kes, Dr. Nano Prawoto, SE, M.Si dan Dr. Trihanggoro, M.Kes

Penghargaan bagi Tenaga Kependidikan kepada Triyana,  Drs. Sukirman dan  Sampoyo Budi Santoso

Penghargaan Mahasiswa UMY berupa Beasiswa bagi 148 Mahasiswa yang diwakili oleh Merisa Ayu (Agribisnis IPK 4,00) dan Siti Elviati (Ilmu Pemerintahan IPK 3,96)

Penghargaan Pimnas dalam Pekan Ilmiah diwakili oleh Afidah Ratnasari sebagai Ketua Tim.

Kegiatan ditutup dengan doa dan berakhir pukul 11.05 Wib berjalan dengan amantertib dengan pengamanan dari personil Polsek Kasihan. (Sihumas Polsek Kasihan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:23

0 komentar:

CB