Kapolsek Jetis Bertindak Sebagai Khotib Dan Imam Sholat Jumat Di Masjid Al Hidayah Dusun Turi

Posted by tribratanewsbantul on 18:48

Kapolsek Jetis AKP M. Sholeh, SH, MM bertindak sebagai khotib dan imam pada sholat Jumat di masjid Al hidayah dusun Turi, Sumberagung, Jetis, Bantul, Jumat, 19 Juli 2019 pukul 12.00 Wib.

Seorang Kapolsek ini adalah sosok yang bisa dijadikan panutan, dalam aktifitasnya sehari hari disamping menjadi penegak hukum, dimana setiap kali sholat Jumat diselenggarakan beliau menjadi khotib dan Imam dari masjid ke masjid di wilayah hukum Polsek Jetis.

Berbekal dengan ilmu agama yang beliau miliki dan ketaatan beribadah yang baik, dirinya terus menyampaikan pesan kamtibmas dengan pesan agama, sebab menjadi khotib saat sholat Jumat sangatlah berbeda dengan memberi ceramah atau sambutan dalam acara biasa maupun formal lainya.

Menurut Kapolsek Jetis, kegiatan ini merupakan program giat rutin safari sholat Jumat semenjak ia menjadi Kapolsek Jetis. Selain berdakwah juga untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas.

Sementara dalam khotbahnya, Kapolsek menyampaikan khutbah mengambil tema "Membangun Hidup Yang Berkualitas". Yang pertama Kapolsek mengajak jamaah sholat jumat untuk senantiasa mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT karena atas rahmat dan karunianya kita  dapat melaksanakan sholat Jumat yang mulia ini. Sholawat dan salam tak lupa kita haturkan kepada junjungan kita nabi muhammad saw, yang kita nantikan safaatnya di yaumil akhir.

Bahwa manusia terutama yang tinggal di kota sebagian atau bahkan mungkin mayoritas terlalu sibuk, urusan kita terlalu banyak meski hampir semuanya mungkin hanya untuk kepentingan  diri kita sendiri. Berapa lama waktu yang kita habiskan untuk mencari nafkah? Berapa jam untuk menyelesaikan pekerjaan pekerjaan di luar kantor? Berapa waktu untuk beristirahat? Berapa pula untuk aktifitas hiburan ?. Saking sibuknya kita bahkan sering tak sempat menghitung dari sekian waktu yang kita lalui, apakah porsi manfaat dan  kebaikan lebih banyak atau justru sebaliknya. Minimnya waktu untuk merenungi diri membuat manusia sering lupa bahwa ada kebahagian sejati diluar gemerlap alam bendawi ini.

Allah berfirman dalam surah al kahfi ayat 46 : harta dan anak keturunan adalah hiasan kehidupan rendah sedangkan amal saleh adalah lebih baik di sisi Tuhanmu sebagai pahala dan lebih baik pula sebagai  harapan.

Demikian juga dalam surat As Saba ayat 37 : bukanlah harta kekayaanmu dan bukan pula keturunanmu itu yang akan mendekatkan kamu ke sisi kami (Tuhan) sedekat dekatnya kecuali orang yang beriman dan beramal saleh. Maka mereka ini ada bagi mereka pahala berlipat ganda atas apa yang mereka amalkan dan mereka akan hidup dalam ruang ruang (di surga) dengan aman sentosa.

Dari dua ayat tersebut mengungkapkan secara jelas bahwa orientasi kehidupan yang rendah dipertentangkan dengan orientasi Ketuhanan. Kebaikan sejati bukan pada kekayaan melainkan pada amal saleh.

Semoga kita semua termasuk orang orang yang Rosulullah sebut sebagai manusia kualitas unggulan, kualitas tersebut tidak diukur dari jumlah kekayaan, tingginya kedudukan melainkan di ukur dari kadar kemanfaatannya untuk orang lain.

Selesai Sholat Jumat diadakan dialog antara Kapolsek dengan jamaah. Dalam kesempatan tersebut kapolsek Jetis AKP M. Sholeh, SH MM menyampaikan bantuan 5 buah Alquran  serta memberikan pesan pesan kamtibmas yang intinya mengajak masyarakat dusun Turi agar menjaga kamtibmas dengan menghidupkan poskamling dan  giat giat lainnya guna menjaga keamanan.

Selain itu juga mengajak segenap masyarakat Turi untuk senantiasa menjaga kerukunan antar  warga  baik sesama umat beragama maupun antar umat beragama sehingga tercipta suasana yang aman dan damai.

Kegiatan safari sholat Jumat yang dihadiri oleh Kapolsek Jetis AKP M. Sholeh, SH, MM, Para Kanit beserta anggota  jajaran polsek Jetis, Kepala Dukuh Turi, Toga, Tomas dan ratusan jamaah tersebut berakhir dalam keadaan aman tertib dan lancar. (Humas Polsek Jetis)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 18:48

0 komentar:

CB