Pengamanan Festival Layang-Layang Di Pantai Parangkusumo Kretek

Posted by tribratanewsbantul on 06:51

Selama dua hari berturut turut yaitu Sabtu dan Minggu 27-28 Juli 2019 personil Polsek Kretek mengamankan giat festival layang-layang Nasional di Obyek Wisata Pantai Parangkusumo Desa Parangtritis Kretek Bantul.

Festival layang-layang  ini mengambil tema “The 7 th Annual Jogja International Festival 2019" diikuti 54 kelompok peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang diantaranya dari Kalimantan Selatan,  Balikpapan, Riau, Bali, Surabaya, Cilacap, Purworejo, dan 11 (sebelas) peserta dari luar Negri yang diantaranya dari India, Cina, Malaysia, Korea, Amerika.

Adapun tujuan dilaksanakan festival layang-layang ini diantaranya Mempertahankan budaya, seni dan tradisi. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebagai daya saing berbasis gadget dan Meningkatkan kunjungan wisata.

Dalam festival ini, pihak panitia membagi para peserta lomba dalam 5 kategori, yang diantaranya, tradisional, 2 demensi, 3 demensi dan Train.

Dengan adanya 5 kategori ini, para peserta diharapkan untuk bisa berinovasi dengan layang-layang yang dibawa dari daerahnya masing-masing. Selain menjadi daya tarik wisata dan kompetisi, festival ini juga merupakan salah satu cara untuk mengedukasi para generasi muda khususnya anak-anak untuk mengetahui dunia seni layang-layang.

Hadir dalam festival tersebut diantaranya perwakilan Kementrian Pariwisata RI Adelia R, mewakili Gubernur DIY kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharja SH,M.Ed, Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo S.Sos, Dit PolAir Polda DIY, ketua Talikama Herdjuno, Muspika Kecamatan Kretek dan tamu undangan serta disaksikan oleh ribuan pengunjung.

Wakil Bupati Bantul H.Abdul Halim Muslih dalam sambutannya menyampaikan atas nama pemerintah kabupaten Bantul mengucapkan terimakasih kepada panitia dan peserta festival layang-layang yang telah berupaya untuk melaksanakan  festival ini.

Bahwa Pemda kabupaten Bantul sangat mendukung kegiatan ini serta berharap dapat menjadi sarana promosi pariwisata di kabupaten Bantul. Bantul mempunyai banyak kawasan wisata pantai, relegius, kuliner dan tempat hiburan lainnya.

Diakhir sambutannya wakil Bupati Bantul berharap semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kunjungan wisata di kabupaten Bantul. Kepada peserta festival layang-layang dari perwakilan negara tetangga, sesampainya di negaranya tolong sebarluaskan cerita indah kabupaten Bantul ini kemasyarakat, bahwa kawasan wisata dikabupaten Bantul layak dan aman dikunjung, pungkasnya.

Sedangkan kepala dinas pariwisata provinsi DIY Singgih Raharjo mewakili Gubernur dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Panitia yang telah melaksanakan kegiatan festival ini sebagai salah satu upaya untuk mempersatukan diantara kita, sebagai ajang untuk melestarikan budaya dan memberikan hiburan kepada masyarakat dan sebagai upaya mendongkrak kunjungan wisata dikabupaten Bantul.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo telah membuka secara resmi dan ditandai dengan penerimaan cendramata dari peserta Negara India yang dilanjutkan dengan pelepasan layang-layang Naga dengan panjang 50 m bersama-sama pejabat yang hadir sebagai tanda simbolis pelaksanaan festival layang-layang dimulai.

Dalam kegiatan festival layang-layang Nasional th 2019 di Pantai Parangkusumo Desa Parngtritis juga dihibur dengan Group Musik Koesploesan dari Yogyakarta serta tari-tarian dari dinas Pariwisata Kabupaten Bantul.

Kegiatan berakhir pukul 18.30 wib,berjalan lancar dan kondusif dengan pengamanan oleh personil Polsek Kretek dan Dit PolAir Polda DIY yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak. (Humas Polres Bantul).


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 06:51

0 komentar:

CB