Pengamanan Gelar Potensi Peternakan Kabupaten Bantul 2019 Di Pasar Hewan Imogiri

Posted by tribratanewsbantul on 02:30

Dalam rangka makarya mbangun desa, maka diadakan gelar potensi peternakan Kabupaten Bantul 2019 di Pasar Hewan Imogiri, yang dihadiri oleh Bupati Bantul, Dirgen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian RI, Direktur Pembibitan, Kesehatan Hewan, Kepala UPT Baturaden, BBVet Wates, Dekan Fakultas Peternakan dan Kedokteran UGM, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, OPD, Camat, peternak, beserta tamu undangan. Rabu (24/72019).

Dalam sambutannya, Ir. Pulung Haryadi, M.Si selaku Kepala Dinas PPKP mengatakan, mengenai kegiatan pokok program, yaitu mendukung siwab (sapi indukan wajib bunting) dan kiwab (kambing indukan wajib bunting). "Hingga tahun 2019 kami memprogramkan 500 kambing indukan harus bunting. Ini adalah target yang dikatakan oleh bapak bupati." Ungkapnya.

Selain itu upaya untuk menjaga kualitas daging di Kabupaten Bantul supaya bebas dari penyakit adalah RPH yang buka 24 jam karena asosiasi usaha ternak/jagal yang menginginkan pemotongan dilakukan malam hari. Harapannya, melalui dana TP atau yang lain dari pusat yaitu diadakan pembangunan RPH yang representatif karena hanya mampu memotong kurang lebih 15 ekor tiap hari. Selain itu, dilakukan kegiatan yang berkaitan dengan pengendalian penyakit melalui posyandu dan operasi pasar dengan bekerjasama Polres Bantul yang berkaitan dengan sosialisasi pelarangan pemotongan betina produktif.

Sedangkan dalam sambutannya, Bupati Bantul berharap agar Kabupaten Bantul dapat terus berkembang. Melalui acara ini, merupakan sebuah kesempatan bagi pengusaha peternakan untuk melihat, bertukar wawasan, mengetahui perkembangan teknologi peternakan serta membangun kerjasama bisnis sehingga muncul inovasi mengenai pengelolaan dan perawatan peternakan dan semakin memberikan kemudahan, pemberdayaan, kesejahteraan bagi peternak.

"Kami Pemerintah Kabupaten Bantul akan mendorong pengkolaborasian wisata dan peternakan hewan dengan keberadaan gerobag sapi sehingga menjadi daya tarik wisatawan." Imbuhnya.

Acara dimulai dengan pengarahan dan sambutan dari Drh. I Ketut Diamita MP selaku Dirgen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian RI yang dilanjutkan dengan ide kawin suntik kepada kambing yang telah disiapkan. Beliau berpesan agar menjaga kualitas dan kuantitas sehingga harus mempersiapkan terkait pakan, air, serta penanganan penyakit, sehingga tidak mungkin cita-cita sebagai lumbung pangan dunia akan tercapai. Lanjut, acara penyerahan hadiah kepada petugas dokter hewan, petugas inseminasi buatan, kelompok ternak sapi dan kambing, kontes gerobag sapi yang mewarnai acara tersebut dan diakhiri kontes sapi serta kambing.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek imogiri melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Humas Polsek Imogiri)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 02:30

0 komentar:

CB